androidvodic.com

Benarkah Kelainan Tulang Skoliosis Dapat Disembuhkan? Simak Jawaban dr Phedy Berikut - News

News, KESEHATAN - Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Konsultan Tulang Belakang, dr. Phedy, Sp.OT (K) Spine berikan penjelasan mengenai kelainan tulang belakang, skoliosis.

Skoliosis adalah kelainan yang terjadi pada tulang belakang yang ditandai dengan bentuk tulang yang melengkung seperti huruf S atau huruf C.

Awalnya skoliosis memiliki keluhan ringan, namun jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, lama-lama akan bertambah parah seiring bertambahnya usia.

Untuk mendapatkan pengobatan pada skoliosis, dokter akan melihat dari derajat keparahan masing-masing pasien, karena setiap pasien memiliki derajat keparahan yang berbeda-beda.

Baca juga: Dokter Spesialis Ortopedi Sebut Pengobatan Skoliosis Disesuaikan dengan Derajat Keparahannya

Kendati demikian, apakah skoliosis tersebut dapat disembuhkan?

Dilansir TribunHealth melalui kanal YouTube Kompas TV, Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi Konsultan Tulang Belakang, dr Phedy, Sp.OT (K) Spine menanggapi hal tersebut.

Menurut penjelaskan dr Phedy, skoliosis memiliki derajat yang berbeda, di mana pengobatan akan disesuaikan dengan derajat tersebut.

Derajat pada skoliosis sendiri dimulai dari derajat pertama yaitu 0-30 derajat, di mana pada derajat ini penderita skoliosis tidak membutuhkan operasi dan hanya akan disarankan untuk olahraga saja.

Derajat kedua skoliosis yaitu 30-45 derajat, pada kondisi ini penderita skoliosis akan diberikan korset penyangga atau disebut dengan brace untuk mencegah terjadinya keparahan pada tulang.

Sedangkan derajat ketiga yaitu di atas 45 derajat, di mana kondisi skoliosis yang sudah memasuki di atas 45 derajat, maka penanganan yang akan dilakukan adalah operasi.

Baca juga: Ingin Awet Muda? Gunakan Bahan Alami yang Disarankan oleh dr. Zaidul Akbar Berikut Ini

Apakah Skoliosis Bisa Disembuhkan?

dr Phedy memberikan tanggapan mengenai pertanyaan apakah skoliosis bisa disembuhkan atau tidak.

Menurut penjelasan dr Phedy, ketika seseorang terkena skoliosis dan sudah memasuki derajat yang parah, maka skoliosis itu tidak bisa membaik lagi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat