androidvodic.com

Penyakit Gondongan Meningkat di Indonesia, Kenali Gejala dan Cara Pencegahannya - News

News, JAKARTA - Kasus gondongan meningkat di beberapa wilayah di Indonesia. Gondongan atau mumps, merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari golongan paramyxovirus.

Baca juga: Dokter: Anak Cerebral Palsy Berhak Dapat Imunisasi

Infeksi virus ini menyebabkan pembengkakan pada kelenjar parotis (kelenjar ludah di dekat telinga), dan dalam beberapa kasus, dapat memicu komplikasi yang lebih serius. Risiko terkena gondongan semakin tinggi pada anak berusia 2-12 tahun.

Penting bagi orang tua untuk memahami cara pencegahan gondongan pada anak, salah satunya melalui imunisasi Measles Mumps Rubella (MMR). Kasus infeksi gondongan mengalami peningkatan di beberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Jakarta.

Menurut data Dinas Kesehatan DKI Jakarta, terdapat setidaknya 1.234 kasus gondongan sejak periode Januari - Juni 2024, meningkat dari 876 kasus pada periode yang sama di tahun sebelumnya. Selain di Jakarta, kasus gondongan juga terjadi di wilayah lain seperti Tangerang, Bandung, dan Surabaya.

Baca juga: IDAI Ajak Orang Tua lebih Berhati-Hati Gunakan Alat Makan dari Plastik

Kondisi ini semakin menekankan urgensi pemahaman dan kesadaran di kalangan orang tua akan pentingnya mencegah gondongan melalui imunisasi MMR bagi anak sekaligus menekan penularannya.

Dokter Spesialis Anak Konsultan Infeksi dan Penyakit Tropis Anak Dr. dr. Anggraini Alam, Sp.A(K), mengungkapkan virus penyebab gondongan mudah menyebar dengan cepat melalui liur dan berbagai barang terkontaminasi oleh liurnya.

Penularan gondongan sering kali terjadi dengan cepat di tempat penitipan anak, sekolah, atau dimana banyak anak berkumpul dalam ruangan yang sama, berbagi peralatan, dan berinteraksi dekat satu sama lain.

"Untuk itu, orang tua harus waspada terhadap gejala gondongan dan segera membawa anak ke fasilitas kesehatan jika ada tanda-tanda infeksi," ungkap dia dalam keterangan tertulis pada Jumat (7/6/2024).

Gondongan ditandai dengan gejala berupa pembengkakan dan nyeri di area pipi-rahang hingga sulit membuka mulut, demam, lesu, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, sakit kepala, dan gejala lain mirip flu.

Baca juga: WHO Peringatkan Risiko Sapi di Seluruh Dunia Tertular Virus Flu Burung, Bisa Sampai ke Indonesia?

Gejala biasanya muncul 16-18 hari setelah infeksi, namun periode ini dapat berkisar antara 12-25 hari setelah infeksi.Gondongan dapat memicu berbagai komplikasi, antara lain radang testis/buah zakar (orchitis) yang terjadi pada sekitar 30 persen laki-laki pascapubertas yang tidak menerima vaksinasi, dan radang ovarium/indung telur (oophoritis) yang dapat terjadi pada perempuan.

Pada beberapa kasus, komplikasi gondongan bahkan sampai mengenai susunan saraf pusat (ensefalitis), pankreas (pancreatitis), hingga kehilangan pendengaran. Pencegahan tentu lebih baik daripada pengobatan. Imunisasi MMR adalah kunci untuk mencegah infeksi virus penyebab gondongan pada anak.

Selain itu, kebiasaan atau pola hidup bersih dan sehat (PHBS), seperti mencuci tangan dan menutup mulut saat batuk atau bersin, juga penting dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus gondongan. Pemberian imunisasi MMR menjadi langkah pencegahan utama terhadap penyakit gondongan pada anak.

Baca juga: Awas Jangan Berikan Madu untuk Bayi di Bawah Usia Satu Tahun, Ini Penjelasan Dokter Anak

Berdasarkan rekomendasi Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) tahun 2023, vaksin MMR perlu diberikan pada anak sebanyak dua kali.

Dosis pertama MMR diberikan pada usia 12-18 bulan, dan dosis kedua MMR diberikan pada usia 5-7 tahun. Pemberian dua dosis vaksin MMR terbukti 88 persen efektif melawan gondongan.

MSD Indonesia perusahaan biofarmasi yang mengembangkan berbagai solusi kesehatan inovatif, kembali mengajak masyarakat untuk membekali diri dengan informasi yang tepat, serta mengambil langkah pencegahan yang akurat terkait kesehatan, salah satunya melalui imunisasi.

Baca juga: Pingsan Bisa Jadi Tanda Bahaya Pada Tubuh Ini Ciri-cirinya dan Cara Mengatasinya

“Bagi orang tua, jangan lupa untuk memastikan anak telah mendapatkan imunisasi lengkap sesuai jadwal yang direkomendasikan, agar-anak dapat terlindungi dari berbagai penyakit menular, salah satunya gondongan. Karena pemberian imunisasi merupakan bentuk upaya kita bersama, dalam membangun masyarakat yang lebih sehat,” ujar dr. Anggraini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat