androidvodic.com

Digandeng Bawaslu, PGI Siapkan Kegiatan Membangun Kesadaran Jemaat Terkait Pemilu 2024 - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Badan Pengawas Pemilu RI (Bawaslu) RI baru saja menggandeng Persatuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) untuk bekerja sama mewujudkan proses penyeleggaraan Pemilu 2024 yang aman dan damai.

Kini PGI tengah merancang beberapa kegiatan di mana nanti peran kegiatan ini guna terwujudunya tujuan kerja sama Bawaslu dengan PGI. 

Baca juga: PGI Tengah Siapkan Kegiatan Guna Bangun Kesadaran Jemaat untuk Pemilu 2024

Kepala Humas PGI Jeirry Sumampow mengatakan fokus kegiatan yang masih dalam proses pembahasannya internal PGI ini akan berfokus pada pembangungan kesadaran jemaat untuk mensukseskan pemilu.

“Belum ada bentuk konkret. Masih akan dibicarakan. Tapi fokusnya kepada pembangunan kesadaran jemaat untuk sukses pemilu,” kata Jeirry saat dihubungi Tribunnews, Kamis (16/2/2023).

Meski masih belum ada bentuk nyatanya, Jeirry menegaskan kegiatanya nanti akan berpusat dalam sosialisasi dan pendidikan pemilu kepada warga gereja. 

“Sosialiasi dan pendidikan pemilih untuk penigkatan pemahaman dankesadaran warga gereja,” jelasnya. 

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menyambangi Kantor PGI.

Baca juga: Bawaslu Nanti Lebih Leluasa Selidiki Dugaan Pelanggaran Pemilu yang Minim Bukti

Dalam kunjungan Bawaslu yang diwakili Anggota Bawaslu RI Herwyn Malonda, pihaknya mengajak PGI untuk bekerja sama dalam melakukan sosialisasi pemilu bersama-sama dalam hal gerakan pencegahan pelanggaran.

Selain itu, mantan Ketua Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini juga mengajak PGI untuk melakukan sosialisasi dalam kegiatan forum warga.

Sosialisasi ini, kata Herwyn, sebagai bentuk ajakan kepada masyarakat menciptakan gerakan pencegahan untuk setiap pelanggaran pemilu. 

Baca juga: Bawaslu Rangkul PGI untuk Ciptakan Pemilu 2024 Damai

Ketua PGI Gumar Gultom menyambut baik ajakan Bawaslu dalam memaknai Pemilu 2024 ini dan mengaku siap untuk bekerja sama ke depannya dalam hal menjaga proses pemilu tetap berjalan aman dan lancar.

“Pada dasarnya PGI siap bekerja sama dengan Bawaslu. Karena itu, ajakan kerja sama untuk Pemilu 2024 yang lebih baik kami sambut dengan gembira," kata Gomar dalam sambutannya.

"Kami menganggap ini juga sangat penting. Sebab suksesnya pemilu adalah juga tanggung jawab warga gereja. Ada beberapa juga kegiatan terkait pemilu yang akan dilaksanakan PGI tahun ini", tambahnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat