androidvodic.com

Hasto Sebut Nasib Effendi Simbolon Disanksi Atau Tidak Ditentukan di Rapat DPP PDI Perjuangan - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) bakal menentukan nasib kadernya, Effendi Simbolon apakah akan diberikan sanksi atau tidak dalam rapat intenal DPP partai. 

Tentu, hal itu usai dilakukan klarifikasi terhadap Effendi Simblolon buntut dianggap menyatakan dukungan kepada Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Peryataan itu disampaikan Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto saat konferensi pers di Kantor DPP Partai, Jalan Dipongoro Menteng, Jakarta, Senin (10/7/2023).

Hadir pula dalam kesempatan itu Politisi PDIP Effendi Simbolon dan Ketua DPP Bidang Kehormatan Komarudin Watubun.

"Dalam prosesnya kan ada berbagai teguran-teguran yang melalui rapat terlebih dahulu, kemudian dilakukan klarifikasi. Ada yang dilakukan klarifikasi, kemudian rapat terlebih dahulu. Jadi kalau dalam kasus ini, klarifikasi kemudian dibahas di dalam rapat DPP partai," kata Hasto.

Menurut Hasto, dalam mekanisme partai ada dua jalur, yakni pertama rapat DPP kemudian diteruskan klarifikasi, dan ke dua klarifikasi diteruskan dengan rapat DPP. 

"Nah di sini dilakukan konfirmasi dulu kemudian nanti dibawa di dalam rapat DPP partai," sambung dia. 

Lebih lanjut, Politisi asal Yogyakarta ini menjelaskan, apa yang ada dalam proses klarifikasi akan ditindaklanjuti lewat laporan dalam rapat DPP partai. 

Namun, dalam proses tadi, lanjut Hasto, Effendi sendiri sebenarnya sudah bersifat objektif dengan justru mengkritisi Prabowo Subianto sebagai Menteri Pertahanan. 

Misalnya, terkait dengan kebijakan pembelian pesawat bekas mirage dari Qatar, di mana itu merupakan kebijakan yang tidak tepat. 

"Ya itu sudah dilakukan suatu klarifikasi. Kami akan melaporkan di dalam rapat DPP partai. Tapi dengan penjelasan tadi, ternyata kan juga sangat objektif pandangan-pandangan yang diterima DPP partai, dewan kehormatan, termasuk kebijakan pertahanan," ungkap Hasto. 

"Karena pertahanan ini kan menyangkut mati hidupnya suatu bangsa. Ketika kebijakan pertahanan diambil dengan tidak proper, itu juga membahayakan bangsa ke depan. Maka kami akan tindaklanjuti juga informasi terkait dengan pengadaan mirage," jelas Hasto. 

Sementara, dia juga memastikan bahwa Effendi sebagai kader PDIP telah menyatakan dukungan kepada Ganjar Prabowo di Pilpres 2024.

Baca juga: Sekjen PDI Perjuangan Bantah Effendi Simbolon Bakal Pindah Partai: Sekali Merah Tetap Merah

"Dalam penjelasannya, sangat clear bahwa Pak Effendi sebagai kader partai taat sepenuhnya untuk mendukung keputusan dari Ketua Umum PDIP Ibu Megawati dan akan berjuang di dalam memenangkan Pak Ganjar Pranowo sebagai capres yg diusung oleh PDIP bersama dengan partai-partai lain," terang Hasto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat