androidvodic.com

Bawaslu Fokus Mempersiapkan Pengawasan Pemilu 2024 di Daerah Otonomi Baru - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAWA BARAT - Saat ini Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI tengah berkonsentrasi untuk melakukan percepatan persiapan pengawasan di daerah otonomi baru (DOB) Papua untuk Pemilu 2024.

Hal ini disampaikan oleh Anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty kepada awak media di Kampung Lebak Wangi Cijambe, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Bawaslu Pastikan Dapat Tangani Kawasan Rawan Konflik dalam Tahap Pemilu 2024

"Ya kalau untuk daerah otonomi baru secara internal juga kan bersiap dalam segala hal, sesuai kapasitas jajaran pemilu, kami ya karena saat ini DOB baru," kata Lolly.

"Kami sudah punya jajaran pengawas pemilu saat ini, konsentrasi Bawaslu memastikan secara kapasitas kualitas kerja, mereka mampu melakukan percepatan," sambungnya. 

Sebagai DOB, wilayah yang diresmikan Desember 2022 itu tentu punya spesifikasi dan karakteristik sendiri dalam hal persiapan pemilu, yakni infrastruktur. 

"Namanya DOB pasti punya spesifikasi, karakteristik, soal dinamikanya sendiri, apalagi ini kan pemekarannya di Papua dan Papua Barat Daya," Lolly menjelaskan. 

Baca juga: Bawaslu: Tak Ada Alasan KPU Bolehkan Pemilih Coblos Pakai KK

Proses percepatan ini juga disebut Lolly untuk memudahkan pihaknya dalam melakukan mitigasi yang juga merupakan syarat supaya Pemilu 2024 dapat berlangsung. 

"Sah satu manfaat pemekarannya daerah baru ini memang manfaatnya dia akan menjadi sangat spesifik, memudahkan bawaslu sesungguhnya dalam proses mitigasi," katanya. 

"Nah, tetapi ya itu persyaratan-persyaratan tadinya harus mampu kami penuhi," tandas Lolly. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat