androidvodic.com

Respons PDIP Soal Ferdinand Hutahaean Gantikan Effendi Simbolon Jadi Caleg Dapil DKI Jakarta III - News

Laporan Wartawan News, Fersianus Waku

News, JAKARTA - Wakil Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan (PDIP), Utut Adianto merespons kabar mengenai Ferdinand Hutahaean akan maju sebagai bakal calon anggota legislatif menggantikan Effendi Simbolon di Pemilu 2024.

Utut mengatakan saat ini PDIP diberi kesempatan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk memperbaiki daftar calon sementara (DCS).

"Kalau saya sendiri siapa-siapa yang nyaleg juga enggak hafal dan enggak tahu," kata Utut di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (4/8/2023).

Dia menegaskan isu Effendi Simbolon tak dicalonkan di Pemilu 2024 bukan karena pernyataannya yang memberikan sinyal mendukung Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Enggak, enggak, enggaklah. Partai kami ini kan partai yang sudah punya ukuran merit system. Kalau ada memang hukuman enggak ada hukuman yang sifatnya block gitu, enggak ada," ujar Utut.

Terlebih, Utut menuturkan Effendi Simbolon memiliki jasa untuk partai besutan Megawati Soekarnoputri itu.

Baca juga: Gantikan Effendi Simbolon, Ferdinand Hutahaean Maju Caleg Lewat PDIP

"Pak Effendi juga punya jasa. Orang kayak saya kecil sekali, ada yang besar sekali. Ibu Mega tokoh kharismatik yang menyatukan kita. Jadi harus dikasih pelajari antara legalitas dan legitimasi," ungkapnya.

Sebelumnya, Ferdinand Hutahaean mengaku akan maju menjadi bakal calon anggota legislatif melalui PDIP pada Pemilu 2024.

Ferdinand akan maju sebagai caleg melalui daerah pemilihan (Dapil) DKI Jakarta III yang meliputi tiga wilayah administratif, yakni Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu.

Baca juga: Ingatkan Effendi Simbolon Soal Peryataan Dukung Prabowo, DPP PDIP: Kalau Mau Bebas Jangan Di Partai

"Ya betul saat ini terdaftar sebagai bakal calon anggota legislatif dari PDIP," kata Ferdinand saat dikonfirmasi, Rabu (2/8/2023).

Dia menyebut bahwa dirinya maju sebagai caleg dari Dapil DKI Jakarta III menggantikan Effendi Simbolon.

"Saya mendaftar di PDIP dan masuk di Dapil III Jakarta yang tadinya di sana ada Bang Effendi Simbolon," ujar Ferdinand.

Menurut Ferdinand, Effendi Simbolon tak lagi maju sebagai caleg dari partai berlambang banteng moncong putih itu di Pemilu 2024.

"Yang saya tahu Bang Effendi Simbolon tidak lagi maju sebagai caleg dari PDIP," ungkapnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat