androidvodic.com

Gibran Kira Video Ajakan Pilih Ganjar Dikeluarkan saat Kampanye, Akui Tak Keberatan jika Kena Sanksi - News

News - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengira video ajakan untuk memilih PDIP dan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dikeluarkan pada saat kampanye terbuka pada 14 Oktober 2023-10 Februari 2024 mendatang.

"Saya kira ketika ada take video, dikeluarkan pas masa kampanye. Saya kan enggak tahu," jelas Gibran saat ditemui di kantornya, Jumat (1/9/2023), dikutip dari TribunSolo.com.

"Saya mengajak seluruh warga untuk berbondong-bondong ke TPS di 14 Februari nanti untuk memilih PDIP dan Pak Ganjar Pranowo," ujarnya dalam video tersebut.

Namun kini video tersebut telah di-take down.

Gibran juga meminta kepada masyarakat tak hanya menyalahkan dirinya karena menempel stiker.

Hal itu pun, Gibran akui merupakan arahan dari PDIP.

"Saya kan sudah bilang. Semua ada. Semua menempel stiker. Ojo aku tok sing disalahke (jangan aku saja yang disalahkan)" jelasnya.

Baca juga: Fakta Gibran Diduga Kampanye Ganjar Pranowo: Kini Diusut Bawaslu, Siap Disanksi jika Salah

Gibran Siap Dipanggil Bawaslu

Meskipun sudah di-take down, video tersebut berpotensi melanggar aturan.

Pada PKPU No 23 tahun 2018 pasal 71 pada ayat (1) Pejabat negara, pejabat daerah, aparatur sipil negara pejabat struktural dan pejabat fungsional, dan aparatur sipil negara lainnya dilarang mengadakan kegiatan yang mengarah kepada keberpihakan terhadap Peserta Pemilu sebelum, selama, dan sesudah masa Kampanye.

Lalu pada ayat (2) Larangan sebagaimana dimaksud pada ayat (1) meliputi pertemuan, ajakan, imbauan, seruan, atau pemberian barang kepada aparatur sipil negara dalam lingkungan unit kerjanya, anggota keluarga, dan masyarakat.

Gibran pun mempersilakan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI untuk mendalami video ini.

Ia menyatakan, siap jika sewaktu-waktu dipanggil untuk memberikan klarifikasi.

"Silakan didalami saja. Ya biar fair aja. Saya kan juga tidak menutup-nutupi. Silakan dipanggil kami langsung berangkat juga."

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat