androidvodic.com

Salam Perpisahan Gerindra ke Cak Imin yang Terima Pinangan Anies: Selamat Berjuang - News

News - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) kini resmi berkoalisi dengan Partai NasDem untuk mengusung bakal calon presiden (capres) Anies Baswedan

Setelah menerima kerja sama politik dengan NasDem, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin juga secara otomatis menerima pinangan Anies Baswedan untuk menjadi cawapres. 

Dengan demikian, Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang sebelumnya dibentuk Gerindra dan PKB kini resmi berakhir.

Hal itu disampaikan Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (1/9/2023).

"Terhadap keputusan yang telah diambil PKB yaitu menerima kerja sama politik dengan Partai NasDem sehingga otomatis menyebabkan kerja sama politik antara Gerindra dan PKB berakhir atau koalisi KKIR menjadi bubar dengan sendirinya," kata Dasco, Jumat, dikutip dari YouTube KompasTV

Gerindra melalui Sufmi Dasco pun memberikan ucapan perpisahan untuk PKB. 

Baca juga: PKB Sebut Duet Anies-Cak Imin Bukan Kawin Paksa Tapi Jalan Tuhan, Deklarasi akan Ditentukan Besok

Gerindra mengucapakan selamat berjuang untuk Cak Imin maupun ke PKB

Dasco juga mengajak mantan mitra koalisinya itu untuk saling menjaga iklim Pemilu 2024 yang damai. 

"Pada prinsipnya kami menghormati, mengucapkan selamat berjuang, serta mengajak untuk bersama-sama menjaga iklim pemilu yang akan datang dengan sejuk dan damai, agar Pemilu 2024 berlangsung aman dan lancar," ujar Dasco.

Adapun keputusan PKB resmi menerima tawaran Partai NasDem ini diumumkan setelah rapat pleno para elite PKB di Kantor DPW PKB Jawa Timur, Jumat (1/9/2023). 

"Lamaran partai NasDem kepada Ketua Umum kami Gus Muhaimin bersama-sama maju Pilpres 2024 dengan saudara Anies Baswedan." 

"Jadi keputusannya adalah kami menerima baik tawaran partai Nasdem," kata Sekjen PKB Hasanuddin Wahid, Jumat (1/9/2023). 

Sekretaris Jenderal DPP PKB, M Hasanuddin Wahid (tiga kiri) memimpin Rapat Pleno Gabungan DPP PKB yang berlangsung di Graha Gus Dur PKB Jawa Timur, Jumat (1/9/2023). Rapat yang membahas capres dan cawapres duet  Anies Baswedan-Cak Imin (Muhaimin Iskandar) ini dilakukan secara tertutup.
Sekretaris Jenderal DPP PKB, M Hasanuddin Wahid (tiga kiri) memimpin Rapat Pleno Gabungan DPP PKB yang berlangsung di Graha Gus Dur PKB Jawa Timur, Jumat (1/9/2023). Rapat yang membahas capres dan cawapres duet Anies Baswedan-Cak Imin (Muhaimin Iskandar) ini dilakukan secara tertutup. (Tribun Jatim/Habibur Rohman)

Terkait rencana deklarasi Cak Imin dan Anies, kata Hasanuddin, pihaknya bakal menggelar pembahasan dengan NasDem terlebih dahulu. 

"Untuk deklarasi, pengumuman atau apapun namanya akan kami segera bahas. Kami akan menggelar pertemuan intensif dengan sahabat-sahabat Partai NasDem," ujarnya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat