androidvodic.com

Profil Jenderal Purnawirawan yang Hadir di Hambalang saat SBY Bertemu Prabowo, Ada Eks Panglima ABRI - News

News, JAKARTA - Selain ditemani oleh para petinggi Partai Demokrat, Ketua Majelis Tinggi Partai (MTP) Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) turut didampingi Jenderal Purnawirawan TNI saat menyambangi kediaman Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Minggu (17/9/2023).

Kedatangan SBY disambut langsung oleh Prabowo dengan salam hormat. Prabowo nampak mengenakan kemeja berwarna biru, senada dengan SBY.

Baca juga: Pidato SBY kepada Prabowo: demi Anda, Saya Siap Turun Gunung

"Selamat datang," sambut Prabowo pada SBY dan AHY beserta jajaran Partai Demokrat.

Adapun Purnawirawan Jenderal TNI yang turut meramaikan pertemuan tertutup di Hambalang tersebut adalah mantan Panglima ABRI Jenderal TNI (Purn) Wiranto dan eks Komandan Jenderal Kopassus Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar.

Momen kebersamaan Prabowo, SBY, Wiranto dan Agum Gumelar bukan tampak kali ini saja.

Sebelumnya pada acara Peringatan Ulang Tahun ke 64 Pepabri (Persatuan Purnawirawan dan Warakawuri TNI dan Polri) Tahun 2023 yang diselenggarakan di Wisma Elang Laut, Jakarta Pusat, Selasa (12/9/2023), mereka juga tampak kompak.

Baca juga: Usai Bertemu Prabowo, Demokrat akan Putuskan Arah Koalisi saat Rapimnas 21 September

Berikut ini profil jenderal purnawirawan TNI yang dampingi SBY bertemu Prabowo

Profil Wiranto

Wiranto adalah Panglima Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ABRI) terakhir di masanya, tahun 1999, TNI dipisahkan dari polisi sehingga yang ada adalah nomenklatur Panglima TNI.

Setelah menyelesaikan jabatannya sebagai Ketua Umum Partai Hati Nurani Rakyat pada periode 2006-2010, dia kembali terpilih untuk masa jabatan yang kedua (2010-2015).

Karier militer

Selepas beliau dilantik dari Akademi Militer Nasional (AMN) di Magelang, Wiranto mengawali karier militer sebagai perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) dari Korps Kecabangan Infantri pada tahun 1968.

Wiranto yang kala itu menyandang pangkat letnan dua mengikuti berbagai jenis pendidikan latihan pengembangan umum maupun spesialisasi, antara lain;

  • Sussarcab Infantri (1969)
  • Suslapa Infantri (1976)
  • Sekolah Staff dan Komando (Sesko) TNI AD (1984)
  • Lemhanas (1995).

Dalam pendidikan pengembangan spesialisasi,beliau mengikuti Sussar Para (1968), Susjur Dasar Perwira Intelijen (1972), dan Suspa Binsatlat (1977).

Baca juga: Sejumlah Jenderal Purnawirawan TNI Turut Hadir di Pertemuan SBY-Prabowo di Hambalang, Siapa Mereka?

Beliau mencapai prestasi sangat memuaskan sebagai Siswa Terbaik.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat