androidvodic.com

Empat Nama Bacawapres Prabowo, Pengamat: Gibran, Khofifah, Erick Thohir, dan Airlangga - News

Laporan Wartawan Tribunews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Pengamat politik Ujang Komarudin turut menyoroti siapa saja empat nama dari sosok yang digadang-gadang menjadi bakal calon wakil presiden (bacawapres) sebagai pasangan bakal calon presiden (bacapres) Prabowo Subianto.

Menurut ujang empat nama itu adalah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Menteri BUMN Erick Thohir (ET), dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Sebagaimana diketahui Prabowo mengatakan bacawapres pendampingnya sudah mengerucut menjadi empat nama.

Prabowo menuturkan dari empat calon itu, masing-masing berasal dari luar pulau Jawa, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Empat nama yang disebut Ujang itu mewakilkan masing-masing daerah sebagaimana yang diungkapkan Prabowo.

"Luar jawa Erick, Jawa Tengah Gibran, Jawa Timur Khofifah, Jawa Barat ya anggap saja Airlangga karena dia dapilnya dulu ketika anggota DPR di jawa barat, di Bogor," kata Ujang saat dihubungi, Sabtu (14/10/2023).

Lebih lanjut Ujang menejelaskan dari empat nama itu yang paling berpeluang besar untuk mendampingi Prabowo, yakni Gibran, Khofifah, dan ET.

Peluang itu akan terlihat semakin jelas saat nanti Mahkamah Konstitus (MK) membaca sidang putusan soal gugatan usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) pada Senin (16/10/2023) mendatang.

"Tentu semuanya masih punya peluang yang sama, kita lihat nanti keputusan MK hari Senin nanti seperti apa," tuturnya.

Jika nanti MK mengabulkan gugatan, maka Gibran yang kini usinya 35 tahun sudah jelas mendapatkan karpet merah untuk maju sebagai bacawapres mendampingi Prabowo.

Jika putusan MK berakhir sebaliknya, maka nama yang paling berpotensi ialah Khofifah dan ET.

"Saya melihat dari keempat nama tadi tergantung keputusan dari MK itu," ujarnya.

"Kalau MK mengakomodir keinginan Jokowi dengan Gibran, Gibran cawapres Prabowo. Tapi kalau keputusan MK menolak gugatan artinya Gibran tak bisa jadi cawapres, maka kemungkinan besar arah-arahnya Erick Tohir, bisa Khofifah," tambah Ujang menegaskan.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat