androidvodic.com

Agenda Prabowo-Gibran usai Daftar KPU: Hari Ini Jalani Tes Kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto - News

News - Pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dijadwalkan melakukan tes kesehatan hari ini, Kamis (26/10/2023) di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta. 

Hal tersebut dikonfirmasi oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asy’ari.

“Bakal paslon akan dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk bakal paslon Pak Prabowo dan Mas Gibran akan dilakukan besok hari Kamis 26 Oktober, jam 7 pagi hadir di RSPAD Gatot Soebroto,” ujar Hasyim.

Mengenai rangkaian pemeriksaan Prabowo-Gibran, Hasyim menyerahkan sepenuhnya kepada tim pemeriksaan RSPAD Gatot Soebroto

Diketahui, pemeriksaan kesehatan dilakukan untuk mengecek kondisi jasmani dan rohani para paslon.

Selain itu, Prabowo-Gibran akan menjalani tes bebas narkoba.

RSPAD melibatkan 50 dokter dan kolegium terkait pemeriksaan ini.

Baca juga: Momen Gibran Goda Prabowo saat Deklarasi: Tenang Saja Pak, Saya Sudah Ada di Sini

"Kurang lebih sekitar 50 orang dokter baik yang langsung terlibat maupun di dalam kepanitiaan," ujar Kepala RSPAD Gatot Soebroto Letjen Albertus Budi Sulistya dalam konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Sabtu (21/10/2023). 

Estimasi tes kesiapan bakal berlangsung kurang lebih dari 8 hingga 10 jam dengan beberapa rangkaian pemeriksaan jasmani, rohani, hingga tes bebas narkoba. 

Sebagai informasi, Prabowo dan Gibran telah resmi mendaftar ke KPU pada Rabu (25/10/2023) kemarin.

Mereka menjadi pasangan ketiga yang mendaftarkan diri menyusul capres cawapres dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Koalisi PDIP Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang sudah mendaftar pada hari pertama.

Sebelumnya, Anies-Cak Imin dan Ganjar-Mahfud juga telah rampung menjalani tes kesehatan.

Anies-Cak Imin pada 21 Oktober 2023, lalu pasangan Ganjar-Mahfud pada 22 Oktober 2023.

Kemudian, untuk hasil tes kesehatan para capres tersebut, nantinya akan diserahkan oleh RSPAD Gatot Soebroto kepada KPU pada Jumat (27/10/2023).

“Hasil dari tiga bakal pasangan calon tersebut oleh tim pemeriksa RSPAD Gatsu akan disampaikan pada KPU secara resmi pada hari Jumat sekira jam 14.00 siang,” ujar Hasyim.

Dijelaskan Hasyim, hasil tes pemeriksaan itu merupakan salah satu dari rangkaian verifikasi atau penelitian administrasi syarat bakal capres-cawapres.

(News/Rifqah/Mario Christian)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat