androidvodic.com

Ganjar Pranowo Bertemu Pendeta dan Tokoh Masyarakat di Toraja, ini yang Dibahas - News

News, JAKARTA - Calon Presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo menyerap aspirasi sejumlah pendeta dan tokoh masyarakat di Kabupaten Toraja Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel), pada Sabtu (25/11/2023).

Momen itu dikemas sambil makan bersama di Kantor Badan Pekerja Sinode Gereja Toraja, Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 45, Singko’, Kecamatan Rantepao, Kabupaten Toraja Utara. 

Baca juga: Istri Ganjar Pranowo Ikut Senam dengan Warga di Kemayoran, Ini Pesannya

Dalam kesempatan itu, pendeta dan tokoh masyarakat menyampaikan beberapa keresahannya terhadap sejumlah hal. Satu di antarnya terkait dengan pariwisata di Toraja. 

“Apa yang anda lakukan untuk pariwisata agar berjalan baik? Keindahan alam toraja sangat indah dan begitu banyak daerah wisata yang sangat indah. Apa yang akan bapak lakukan?” tanya Dhani, salah satu Tokoh Masyarakat Toraja.

Untuk memajukan parisiwata, Ganjar menyampaikan hal pertama yang mesti dilakukan adalah melakukan asassement potensi terlebih dahulu dengan menggandeng ahli-ahli di bidang wisata.

Namun secara kasat mata, Ganjar sendiri melihat adanya satu persoalan terkait pariwisata saat tiba di Toraja. Yakni soal koneksi dan integrasi transportasi ke tempat-tempat wisata.

“Biasanya pariwisata urusannya interkoneksi. Kalau saya jadi presiden mestinya urusan ini harus diurus,” kata Ganjar. 

Untuk diketahui Tana Toraja menjadi satu di antara destinasi wisata populer yang pantang dilewatkan jika sedang traveling ke Sulawesi Selatan.

Kekayaan budaya, adat istiadat, dan pesona alamnya memang bikin siapa saja jatuh cinta.

Untuk tiba di Tana Toraja, transportasi terbaik yang bisa digunakan dari ibukota Sulawesi Selatan adalah bus.

Keberangkatan bus tersebut dari dan ke Toraja adalah antara jam 19.00-22.00 WIT serta memakan waktu sekitar 8 jam perjalanan. Sedangkan untuk harga tiketnya sendiri berada di rentang harga Rp140 ribu-Rp400 ribu, tergantung pada tipe bus dan kelas yang dipilih.

Selain bus, bisa juga menggunakan transportasi udara, Presiden Joko Widodo lah yang meresmikan Bandara Buntu Kunik Toraja di Sulawesi Selatan.

Kehadiran bandara Toraja itu diharapkan dapat mempermudah wisatawan mengunjungi objek wisata di daerah itu.

Lokasi bandara ini berada di Kecamatan Mangkendek. Keberadaan bandara ini memberikan alternatif transportasi bagi mereka yang hendak mengunjungi wisata di Kabupaten Tana Toraja.

Tana Toraja ataupun Toraja Utara memiliki sejumlah objek wisata favorit seperti Negeri di Atas Awan, Pango-pango dan Kete Kesu.

Objek Wisata Ke te Kesu di Kecamatan Kesu Kabupaten Toraja Utara belum dipadati pengunjung, Kamis (7/7/2016).
Objek Wisata Ke te Kesu di Kecamatan Kesu Kabupaten Toraja Utara belum dipadati pengunjung, Kamis (7/7/2016). (tribun timur/yultin rante)

Jika lewat jalan darat, wilayah itu bisa ditempuh dalam waktu 9 jam. Dengan jalur udara, waktu tempuh bisa dicapai hanya dalam waktu 40 menit.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat