androidvodic.com

KPU Tambah Jumlah Kuota Undangan Tim Paslon yang Hadir di Debat Capres, Dari 50 Jadi 75 Orang - News

Laporan Wartawan Tribunnews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA -  Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menambah jumlah undangan untuk masing-masing tim pasangan capres cawapres yang dapat hadir ke debat Pilpres 2024.

Semula KPU membatasi jumlah maksimal 50 orang per masing-masing tim. Terbaru angka itu bertambah menjadi 75 orang per masing-masing tim.

Baca juga: Kontroversi Usulan TKN Prabowo-Gibran Terkait Debat, Pakai Bahasa Inggris hingga Tanpa Sanggahan

Penambahan jumlah ini, kata Anggota KPU RI August Mellaz, dikarenakan panggung debat yang berlokasi di Kantor KPU RI ini dirasa muat menampung lebih banyak massa hingga 800 orang.

“Kami akhirnya hitung bisa expand untuk setiap paslon itu bisa membawa 75 orang. Jadi 75 orang, artinya 225,” kata Mellaz saat ditemui di Kantor KPU RI, Jakarta, Sabtu (9/12/2023). 

Sementara itu, kuota yan masih kosong bakal diisi oleh para tamu yang diundang oleh KPU. Adapun para tamu undangan ini seperti dari pihak kementerian, Panglima TNI, Kapolri, Bawaslu, DKPP, dan pemangku kepentingan terkait lainnnya.

Baca juga: Jamin Tidak Bocor, KPU: Pertanyaan Debat Bakal Langsung Disegel

“Sisanya itu undangan yang dari KPU untuk Kementerian lembaga untuk penyelenggara, tamu undangan lain misalnya duta besar semacam itu ada," tuturnya.

Debat Pilpres 2024 bakal digelar dengan format 3 kali debat capres dan 2 kali debat cawapres. Debat perdana merupakan debat untuk capres.

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Nantinya, debat akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan Radio.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat