androidvodic.com

Awal Tahun 2024 Khofifah Resmi Turun di Mesin Pemenangan Prabowo-Gibran  - News

News, SURABAYA - Khofifah Indar Parawansa memastikan masuk dalam barisan pendukung Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Hal ini disampaikan Khofifah setelah menerima rekomendasi sebagai Calon Gubernur Jawa Timur di Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2024, Minggu (10/12/2023).

Perempuan yang masih menjadi Gubernur Jawa Timur ini akan ikut membantu memenangkan paslon yang diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM) tersebut.

"Jadi, afiliasinya ke 02. Saya rasa kawan-kawan (jurnalis) pasti sudah paham," kata Khofifah kepada jurnalis dikonfirmasi seusai acara penyerahan rekomendasi tersebut.

Sekalipun demikian, pihaknya akan secara resmi turun di mesin pemenangan Prabowo-Gibran setelah masa kepemimpinannya sebagai Gubernur Jatim selesai 31 Desember mendatang.

"Resminya nanti bulan Januari. Nanti kawan-kawan bisa melihat trennya," kata Khofifah.

Alasan Khofifah masuk ke tim dan dukung Prabowo-Gibran di antaranya dari kesamaan pandang partai pengusungnya di Pilgub Jatim 2024 yang juga merupakan anggota KIM sebagai pengusung paslon nomor urut 2. Yakni, Gerindra, PAN, dan Demokrat.

Baca juga: Sosok Khofifah Indar Parawansa yang Akhirnya Umumkan Dukung Prabowo-Gibran

Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra Hashim Djojohadikusumo menyambut baik keputusan Khofifah yang bergabung di gerbong pendukung Prabowo. Menurutnya, Gerindra, Prabowo, dan Khofifah memiliki kesamaan ide dan gagasan.

Hal ini pula yang membuat Partai berlambang kepala garuda ini memutuskan mengusung Khofifah di Pilgub Jatim 2024. "Salah satu faktor juga saya kira harus akui. Nggak ada masalah kan beliau dukung Prabowo, Prabowo dukung beliau. Kan begitu," kata Hashim dikonfirmasi terpisah.

Bergabungnya Khofifah dalam barisan pendukung Prabowo-Gibran akan memberikan kekuatan signifikan. Mengingat, Khofifah akan menyusul 2 mantan gubernur Jatim sebelumnya, Imam Utomo (Gubernur Jawa Timur periode 1998-2003 dan 2003-2008) dan Soekarwo atau Pakde Karwo (Gubernur Jatim periode 2009-2014 dan 2014-2019) sebagai pendukung Prabowo-Gibran.

Selain Gubernur, Khofifah juga merupakan Ketua Umum PP Muslimat Nahdlatul Ulama (NU). Sebagaimana diketahui, NU juga menjadi basis pemilih di Jawa Timur.

Baca juga: Nusron Soal Khofifah Merapat ke TKN: Belum Nyatakan Resmi  Bergabung

Sebelumnya, isu bergabungnya Khofifah dalam barisan pendukung Prabowo-Gibran juga diungkapkan elit Gerindra di Jawa Timur. Ketua DPD Gerindra Jawa Timur Anwar Sadad mengungkapkan Khofifah ikut ambil bagian dalam penyusunan struktur Tim Kampanye Daerah (TKD) Jatim.

"Bu Khofifah sangat suportif dalam TKD ini. Bahkan, beliau ikut mengusulkan nama-nama dan memberikan masukan-masukan terhadap beberapa figur," kata Sadad dikonfirmasi di Surabaya sebelumnya.

"Ada beberapa nama yang dinilai terlalu besar untuk masuk dalam TKD kabupaten/kota sehingga ditarik ke TKD tingkat provinsi sehingga pergerakannya semakin luas," kata Sadad yang juga Dewan Pengarah TKD Prabowo-Gibran di Jawa Timur. 

Sekalipun belum masuk dalam struktur, Sadad menyebut Khofifah berada dalam barisan pihaknya. "Cukup bagi kami untuk menilai bahwa Ibu Khofifah sudah 99,9 persen berada di dalam TKD. Yang 0,1 persen tinggal masuk di struktur saja," tandas Sadad. 

Artikel ini telah tayang di TribunJatim.com dengan judul Alasan Khofifah Masuk ke Tim dan Dukung Prabowo-Gibran, Mulai Resmi Tancap Gas di Bulan Januari, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat