androidvodic.com

Supaya Tak Kurangi Durasi, Panelis Debat Tak Diberi Kesempatan Beri Pertanyaan Lanjutan - News

Laporan Wartawan Tribunews, Mario Christian Sumampow

News, JAKARTA - Panelis debat tidak diberi kesempatan untuk melemparkan pertanyaan lanjutan kepada peserta debat Pilpres 2024.

11 panelis yang sudah ditunjuk oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI hanya akan menyiapkan 18 pertanyaan yang nantinya bakal dipilih secara acak oleh peserta debat.

"Semuanya akan dari moderator. Apa-apa yang menjadi gagasan panelis, kalau pertanyaan, nanti yang sampaikan moderator," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di kantornya, Senin (11/12/2023).

Hasyim menjelaskan hal ini dilakukan supaya masing-masing capres mendapatkan kesempatan lebih banyak untuk saling berinteraksi satu sama lain.

"Kalau seperti itu, kesempatan antar-capres berinteraksi berkurang. Justru yang kami utamakan itu interaksi yang paling banyak antar-calon," jelas Haysim.

Hasyim menjelaskan total durasi debat 150 menit. 120 menit pelaksanaan debat dan 30 menit iklan.

Dalam debat itu terbagi atas 6 segmen yang di mana dalam masing-masing segmen tiga pertanyaan panelis bakal dibacakan.

Debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12/2023). Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.

Debat akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Nantinya, debat akan disiarkan secara langsung melalui stasiun TV dan Radio.

Berikut rincian durasi debat perdana capres:

Segmen 1:

Penyampaian visi misi dan program kerja. Durasi yang diberikan untuk penyampaian visi misi dan program kerja ialah selama 4 menit.

Segmen 2, 3, 4 dan 5:

Pendalaman visi misi, dan program kerja. Di segmen ini, akan ada pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh moderator. Waktu menjawab ialah 2 menit.

Kemudian, para peserta debat lain akan saling menanggapi. Durasi yang diberikan untuk menanggapi dan menjawab tanggapan masing-masing 1 menit.

Segmen 6:

Penutup, atau closing statement. Masing-masing capres akan memberikan pernyataan penutup.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat