androidvodic.com

Usai Debat Capres: Kubu Anies Optimis, TKN Puji Penampilan Prabowo, TPN Sebut Prabowo Emosional - News

News - Debat calon presiden (capres) peserta Pilpres 2024 putaran pertama selesai dilaksanakan di gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Selasa (12/12/2023) malam.

Tiga capres hadir, yakni capres nomor urut 01 Anies Baswedan, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto, dan capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo.

Ketiga capres hadir ditemani calon wakil presiden (cawapres) berserta para pendukungnya.

Adapun tema yang dibahas dalam debat perdana adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, penanganan disinformasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Timnas Anies-Muhaimin (Amin), Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, dan Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud pun berkomentar setelah debat perdana berakhir.

Baca juga: Sederet Tanggapan Kubu Anies, Prabowo, dan Ganjar Perihal Debat Perdana Capres 2024

Timnas Amin Yakin Elektabilitas Anies Melejit

Setelah debat capres perdana berlangsung, Kaptem Timnas Amin, Muhammad Syaugi yakin elektabilitas capres nomor urut 1 akan melejit.

Syaugi menilai, Anies berhasil menyampaikan substansi materi pada debat pertama.

"Menyatakan apa yang benar, harus berani menyampaikan bahwa itu fakta yang disampaikan masyarakat, kalau semua tidak bagus, di sinilah perlu dilihat seorang pemipin bagaimana bisa mengerti persoalan bangsanya dan solusinya," ucap Syaugi, ditemui usai debat capres di gedung KPU RI, Selasa.

Sementara itu, Anies menyebut debat selama 150 menit semalam berlangsung seru.

Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Pertama Calon Presiden 2024 di Halaman Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Debat Perdana tersebut mengusut tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. Tribunnews/Jeprima
Calon Presiden nomor urut 01 Anies Baswedan memaparkan visi dan misi saat mengikuti Debat Pertama Calon Presiden 2024 di Halaman Gedung KPU, Jakarta Pusat, Selasa (12/12/2023). Debat Perdana tersebut mengusut tema Hukum, Hak Asasi Manusia (HAM), Pemberantasan Korupsi, dan Penguatan Demokrasi. (Tribunnews/JEPRIMA)

Baca juga: Anies Klaim Indeks Demokrasi di Indonesia Menurun, Bagaimana Faktanya?

Anies menyebut, debat capres menjadi sarana bagi masyarakat untuk mendengar prinsip, ideologi, dan cara beprikir yang diungkapkan ketiga capres di Pilpres 2024 mendatang.

"Tadi saya sampaikan teman-teman muda untuk membandingkan, mana yang benar-benar serius untuk mengembalikan negeri ini sebagai negeri hukum dan menjaga kebebasan pendapat ada, dan mana yang serius menjaga etika," ujar Anies.

TKN Sebut Isu Pelanggaran HAM Pertanyaan 5 Tahunan

Di sisi lain, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju (KIM), Rosan Roeslani menilai Prabowo tampil luar biasa dalam debat semalam.

Rosan menyebut, Prabowo berhasil dengan tenang menyampaikan visi-misi maupun menjawab pertanyaan para panelis dan capres lain.

"Dan pesan beliau tadi sudah jelas adalah bagaimana kita selalu menjaga persatuan, kesatuan, kerukunan agar negara ini makmur, sejahtera kalau kita selalu bersama-sama menjaga persatuan dan kerukunan," ucap Roslan, dikutip dari Wartakotalive.com, Rabu (13/12/2023).

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat