androidvodic.com

Pertanyaan Gibran di Debat Cawapres Semalam Mirip Cerdas-Cermat, Niatnya Cuma Menjebak! - News

News, JAKARTA - Ingat peribahasa buah jatuh tidak jauh dari pohonnya.

"Peribahasa itu banyak digunakan untuk menyebutkan kemiripan antara orangtua dengan anaknya. Kemiripan bukan hanya berupa bentuk fisik, namun sifat dan tingkah laku," kata anggota Deputi Relawan dan Partisipasi Publik Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN), Tarmidzi Yusuf, Sabtu 23 Desember 2023.

Menurut Tarmidzi, peribahasa itu mengingatkan pada debat calon presiden tahun 2014 dan debat calon wakil presiden, Jumat 22 Desember 2023 malam.

"Pertanyaan teknis bukan subtansial, seperti cerdas cermat," ujar Kang Tam mengutip respons calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menanggapi pertanyaan Gibran Rakabuming Raka kepada Gus Muhaimin Iskandar tentang SGIE.

Pada debat calon presiden 2014 lalu yang berlangsung di Hotel Gran Melia, Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) bertanya ke rivalnya Prabowo Subianto bagaimana caranya meningkatkan TPID.

Pertanyaan itu tak langsung dijawab Prabowo. Mantan Danjen Kopassus itu bertanya terlebih dahulu kepada Jokowi apa singkatan dari TPID tersebut. "Singkatan TPID ini bagaimana Pak?" tanya Prabowo kepada Jokowi.

Tadi malam debat cawapres mirip dengan debat capres 9 tahun lalu. "Istilah-istilah teknis pun digunakan Gibran Rakabuming Raka dalam debat cawapres tadi malam. Seperti cerdas cermat anak SMP," komentar Tarmidzi Yusuf menanggapi pertanyaan Gibran dalam debat calon wakil presiden tadi malam.

Baca juga: Pengamat: Pertanyaan Gibran kepada Cak Imin tentang SGIE Semalam Tidak Jelas

Pertanyaan teknis bukan subtansial berulang kembali. "Jokowi 'menjebak' Prabowo. Tadi malam giliran Gibran 'menjebak' Gus Muhaimin dan Mahfud MD," kata Tarmidzi Yusuf.

Gibran bertanya kepada Gus Muhaimin tentang bagaimana caranya menaikkan skor dan peringkat Indonesia dalam SGIE.

"Gus Muhaimin Ketua Umum PKB, saya yakin sekali Gus Muhaimin paham sekali untuk masalah ini. Bagaimana langkah Gus Muhaimin untuk menaikkan peringkat Indonesia di SGIE? Terima kasih," ujar Gibran.

Baca juga: Anies Bela Cak Imin soal Pertanyaan SGIE Gibran, Dinilai Tak Substantif: Apa Ini Cerdas Cermat?

Mirip dengan Prabowo di 2019. Gus Muhaimin pun balik bertanya ke Gibran. Gus Muhaimin mengaku tak paham soal SGIE.

Dia pun kembali bertanya kepada Gibran apa itu SGIE. "Terus terang SGIE saya enggak paham. SGIE itu apa?" tanya Gus Muhaimin.

Dalam penjelasannya Gibran menyebut bahwa SGIE adalah State of Global Islamic Economy. Menurut Gibran, SGIE harus dimengerti karena Indonesia sedang fokus mengembangkan ekonomi dan keuangan syariah.

Baca juga: Ditanya Mahfud soal Pajak, Gibran Sebut tidak Ingin Berburu di dalam Kebun Binatang

"Misalnya sekarang yang sudah masuk 10 besar adalah makanan halal kita, skincare halal kita, fesyen kita. Maaf ya, Gus, kalau pertanyaannya agak sulit," kata Gibran.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat