androidvodic.com

Ada 2 Panelis Debat Capres Asal Unhan, Ketua KPU: Kami Yakin Semua Punya Integritas Akademik - News

Laporan wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Hasyim Asy'ari meyakini semua panelis debat ketiga Pilpres 2024 punya kapasitas dan integritas akademik yang mumpuni dalam menyusun pertanyaan untuk para calon presiden yang beradu gagasan, pada Minggu (7/1/2024).

Pernyataan Hasyim ini menjawab pertanyaan soal terpilihnya 2 sosok panelis berasal dari Universitas Pertahanan (Unhan) yang notabene berada di bawah Kementerian Pertahanan, di mana Menterinya adalah Prabowo Subianto yang juga capres nomor urut 2.

Baca juga: Jelang Debat Capres Cak Imin Rajin Kritik Prabowo, Soroti Alutsista hingga Persoalkan Panelis

"Panelis bisa dari berbagai macam sumber atau kelembagaan, tetapi kami meyakini bahwa beliau-beliau ini mempunyai kapasitas dan integritas akademik," kata Hasyim dalam konferensi pers di Kantor KPU RI, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (5/1/2024).

Terlebih perihal panelis tersebut, KPU juga sudah membahasnya bersama dengan perwakilan masing-masing tim pasangan calon dan televisi penayang debat pada Kamis (4/1/2024) kemarin.

Hasyim kembali menegaskan dan meyakini bahwa semua panelis yang dipilih untuk menyusun pertanyaan debat ketiga Pilpres adalah sosok pemegang integritas.

Baca juga: Jelang Debat Pilpres, Airlangga: Prabowo Tidak Pernah Nyerang, Tapi Orang Lain Merasa Diserang

"Kita meyakini semua punya integritas para panelis itu. Toh nanti apapun yang ditulis oleh panelis, pertanyaan, itu ada 18 pertanyaan, dan sebagaimana debat pertama dan kedua, itu mekanisme undi secara bertingkat," ungkapnya.

Sebagai informasi ada 11 nama panelis debat ketiga peserta Pilpres 2024 yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Nama-nama itu disampaikan oleh Anggota KPU RI August Mellaz di kantornya, Rabu (3/1/2024).

Debat ketiga ini bakal berlangsung di Istora Senayan pada Minggu (7/1/2024). Debat kali ini bakal mengusung tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, dan Geopolitik.

Berikut deretan 11 nama panelis debat ketiga yang sudah ditunjuk secara resmi oleh KPU RI:

1. Prof. Angel Damayanti, Ph.D (Guru Besar Bidang Keamanan Internasional Fisipol Universitas Kristen Indonesia)

2. Curie Maharani Savitri, Ph.D (Dosen Hubungan Internasional, ahli kajian industri pertahanan dan alih teknologi Universitas Binus)

3. Prof. Evi Fitriani, Ph.D, (Guru Besar Ilmu Hubungan Internasional Universitas Indonesia)

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat