androidvodic.com

Saling Sindir Cawapres di Forum Debat, Ungkit Food Estate, Energi Hijau, Lahan 500 Ribu Hektare - News

News, JAKARTA - Setelah Anies Baswedan menyindir program food estate pada panggung
debat ketiga Pilpres 2024, 7 Januari lalu, kemarin giliran pasangannya di Pilpres 2024,
Muhaimin Iskandar alias Cak imin melakukan hal serupa.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 1 itu kompak dengan cawapres nomor urut 3 Mahfud MD
menyerang program lumbung pangan (food estate) era Presiden Joko Widodo (Jokowi)
di panggung debat Cawapres yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Minggu
(21/1) malam.

"Di sisi lain kita prihatin pengadaan pangan nasional melalui food estate. Food estate mengabaikan petani kita merugikan masyarakat adat kita. Hasilkan konflik agraria bahkan merusak lingkungan kita. Ini harus dihentikan," kata Cak Imin dalam debat cawapres kedua di JCC, Senayan, Jakarta, Minggu (21/1).

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan kini sedang terjadi krisis iklim dan bencana ekologi terjadi di mana-mana. Baginya, negara harus serius mengatasinya.

"Tidak hanya mengandalkan proyek giant sea wall yang tidak mengatasinya. Krisis iklim harus dimulai dengan etika, sekali lagi etika, etika lingkungan. Keseimbangan antarmanusia dan alam," kata dia.

Seirama dengan Cak Imin, Mahfud MD juga menyerang program food estate dan menyebut itu adalah program gagal yang merusak lingkungan. Mahfud juga menyebut program itu merugikan negara.

”Jangan seperti food estate yang gagal dan merusak lingkungan, yang bener aja, rugi dong kita," katanya.

Program food estate saat ini berada di bawah koordinasi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Prabowo sendiri merupakan capres nomor urut 1.

Adapun cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka dalam penyampaian visi misinya mendorong pemanfaatan energi hijau. Ia mengatakan Indonesia tak boleh lagi melakukan ekspor barang mentah. Hal ini menurutnya untuk mengurangi ketergantungan pada energi fosil.

"Kita mendorong transisi energi hijau seperti bioavtur, biodiesel dan bioetanol yang sudah dilakukan meliputi B35 dan B40. Potensi energi baru terbarukan kita juga sudah luar biasa, bisa mencakup 3.686 gigawatt, yang meliputi energi surya, air, angin, bio energi dan panas bumi. oleh karena itu pentahelix wajib didorong," kata Gibran.

Ia mengatakan program hilirisasi harus dilanjutkan. Gibran juga berjanji akan memperluas cakupan hilirisasi. "Tidak hanya hilirisasi tambang, tapi juga hilirisasi pertanian sektor maritim dan hilirisasi digital," ujar Gibran.

Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka saat mengikuti debat ketiga Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta, Minggu (21/1/2024). Debat keempat ini bertemakan energi, sumber daya alam, sumber daya manusia, ajak karbon, lingkungan hidup dan agraria serta masyarakat adat. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar debat kandidat Pilpres 2024 yang keempat di Jakarta Convention Center (JCC) pada Minggu (21/1) malam. Debat keempat ini mengadu gagasan para calon wakil presiden yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD.

Adapun tema yang dibahas adalah seputar pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, masyarakat adat dan desa.

Selain menyerang program food estate, dalam debat tadi malam Cak Imin juga sempat menyinggung fenomena seseorang yang memiliki lahan 500 ribu hektare, sementara belasan juta rumah tangga petani gurem di Indonesia hanya memiliki setengah hektare lahan. Meski ia tak menyinggung langsung siapa saja pihak yang ia maksud.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat