androidvodic.com

3 Kali ke Jateng di Bulan Januari, Istana Bantah Kunjungan Jokowi ke Kandang Banteng untuk Kampanye - News

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

News, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) gencar melakukan kunjungan kerja di wilayah Jawa Tengah.

Dalam bulan Januari ini saja setidaknya sudah tiga kali Presiden berkunjung ke wilayah yang merupakan basis massa dari PDIP tersebut.

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana membantah bahwa lawatan Presiden ke Jateng bertujuan untuk memenangkan salah satu pasangan Capres-Cawapres.

Menurut Ari kunjungan kerja yang dilakukan Presiden sekarang ini sama dengan kunjungan kerja sebelumnya yang telah dilakukan.

"Eggak lah. Ini sesuatu yang juga sama kegiatan yang sudah dilakukan presiden di berbagai tempat sama beliau," kata Ari di Gedung Sekretariat Negara, Senin, (29/1/2024).

Kunjungan kerja tersebut kata Ari untuk memastikan berbagai kebutuhan pokok rakyat tersedia. Selain itu juga untuk melihat apakah program-program pemerintah berjalan, terutama program prioritas.

Menurutnya kunjungan kerja yang dilakukan Presiden Jokowi berbeda dengan kampanye. Kunjungan kerja Presiden fokus pada kebutuhan masyarakat. Sementara kampanye bertujuan untuk menarik suara pada Pemilu.

"Ya kunjungn kerja dan kampanye kan beda. Kunjungan kerja itukan fokus pada masyarakat. Selain itu fokus pada cara presiden untuk memastikan apakah kebijakan beliau berjalan, dirasakan masfaatnya. Itu fokus dari kunjungan kerja. Kalau kampanye kan jelas dia adalah mendatangkan suara pemilih kan. Itu dua hal yang berbeda," katanya.

Adapun dalam kunjungan kerja ke Jawa Tengah kali ini kata Ari, Presiden mengecek harga pangan di sejumlah pasar. Selain itu Presiden akan membagikan Bansos, serta memastikan program Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar berjalan dengan baik. Program tersebut sangat penting untuk ditinjau karena telah berjalan sejak 2014 lalu.

Menurutnya dalam kunjungan kerja kali ini, tidak hanya dilakukan di Jateng tapi juga di Yogyakarta.

"Daerah yang akan beliau kunjungi tidak hanya Jawa Tengah tapi juga Yogyakarta, Gunung Kidul, Bantul dan Sleman di beberapa tempat yang memang belum sempat beliau kunjungi," pungkasnya.

Untuk diketahui jelang pemungutan suara wilayah Jawa Tengah menjadi medan pertempuran sengit antara pasangan Capres-Cawapres nomor urut 2 dan 3.

Jawa Tengah selama ini dikenal merupakan kandang banteng yang merupakan partai pengusung Ganjar-Mahfud.

Presiden sendiri sudah tiga kali berkeliling wilayah Jateng di Januari ini. Pada 1-3 Januari, Presiden berkunjung ke wilayah Solo, Purworejo, Cilacap, Purwokerto, Banyumas, Banjarnegara, Tegal, dan Brebes. Setelah itu pada 22-24 Januari Jokowi mengunjungi Magelang, Wonosobo, Salatiga, Sragen Grobogan, Blora, dan Semarang.

Baca juga: Jokowi Kunjungi Jawa Tengah, Ucapan Ganjar Minggu Lalu Terbukti, Ini Survei PDIP di Kandang Banteng

Kemudian pada hari Ini, Presiden Jokowi mengunjungi Magelang. Setelah sehari sebelumnya berkunjung ke Yogyakarta.

Adapun kegiatan yang dilakukan Presiden dalam kunjungan tersebut yakni meresmikan sejumlah infrastruktur, meninjau pembagian Bansos Pangan, dan juga BLT El nino. Presiden juga melakukan blusukan ke pasar di daerah yang ia kunjungi.

Di beberapa daerah Presiden juga membagikan sertifikat tanah, dan berdialog dengan penerima bantuan iuran BPJS.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat