androidvodic.com

Punya Dampak Besar, Pemilih Muda Diminta Gunakan Hak Pilihnya Pada Pemilu 2024 - News

News, JAKARTA - Ketua Umum Komunitas Aktivis Milenial Indonesia (Gen KAMI), Ilham Latupono, menilai partisipasi pemilih muda pada Pemilu 2024 sangat penting

Dirinya mengajak anak muda untuk tidak golput pada Pemilu 2024 ini.

Ilham mengajak pemilih muda di Pemilu 2024, yang terdiri dari kelompok milenial dan Gen Z untuk menggunakan hak pilihnya sebaik mungkin pada hari pencoblosan 14 Februari 2024.

"Anak muda anti golput. Ini bukan cuma soal hak politik kita, tetapi pemilu kali ini sangat krusial dan menentukan masa depan Indonesia, nasib kaum muda sendiri, bahkan nasib anak-anak kita kelak,” ucap Ilham melalui keterangan tertulis, Senin (12/2/2024).

Besarnya dampak partisipasi politik kaum muda dalam Pemilu 2024, kata Ilham, bisa terlihat dari jumlah calon pemilih dari kelompok milenial dan Gen Z yang mencapai sekitar 55 persen dari total jumlah pemilih.

Sejumlah sumber data menyebutkan bahwa 66,8 juta orang calon pemilih berasal dari generasi milenial.

Sementara, calon pemilih dari gen Z berjumlah 46,8 juta orang.

Ilham melanjutkan, dampak partisipasi politik pemilih muda sangat besar sampai bisa memperkuat peluang bangsa mencapai cita-cita Indonesia Emas 2045.

"Ada dua peluang besar kita, pertama bonus demografi yang akan mencapai puncaknya pada tahun 2030-an dan tingginya kepercayaan internasional terhadap Indonesia. Kalau kita tidak menggunakan hak pilih dan tidak memilih dengan bijak, peluang-peluang itu musnah,” jelasnya.

Masa tenang Pemilu 2024, menurut Ilham, bisa menjadi waktu yang pas bagi anak-anak muda untuk menimbang-nimbang pilihan mereka di bilik suara pada Rabu lusa.

"Manfaatkan masa tenang ini untuk merenungkan pilihan kita. Masih ada waktu untuk menelusuri visi-misi partai, caleg dan capres-cawapres,” ujarnya.

"Indonesia Emas itu milik anak-anak muda, bukan mereka yang saat ini usianya sudah di atas setengah abad," tambahnya.

Baca juga: Maruf Amin Ajak Masyarakat Tak Golput dan Tolak Intervensi dengan Iming-iming Uang

Gen KAMI adalah komunitas yang diisi anak-anak muda kelahiran tahun 1980 ke atas atau yang disebut generasi milenial, juga dihuni kelompok generasi Z.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat