androidvodic.com

Soal Hasil Exit Poll Luar Negeri yang Diklaim Menangkan 03, Gibran: Selamat, Tapi Tanya KPU - News

News, SOLO - Capres nomor urut 03 Ganjar Pranowo mengklaim hasil exit poll di luar negeri yang dilakukan di internal tim mengantongi hasil yang menguntungkan kubu mereka.

Merespons hasil itu, Cawapres nomor urut 02 Gibran Rakabuming Raka memberikan selamat.

“Oh nggih selamat, selamat.  Kan aku udah kasih selamat. Selamat kalau exit poll-nya,” jelasnya saat ditemui di Aula Warastatrama, Senin (12/2/2024).

Mengenai hal ini, Komisi Pemungutan Suara (KPU) menjelaskan seharusnya hasil penghitungan suara seperti exit poll tidak boleh diumumkan sebelum pemungutan suara selesai dilakukan di seluruh Indonesia.

Gibran pun meminta awak media menanyakan langsung ke KPU.

“Takono KPU,” tuturnya.

Sebelumnya Ganjar mengungkapkan hasil exit poll ini ke awak media usai melayat di rumah mendiang seniman Solo, Blacius Subono yang berada di Gang Brotoseno Jebres Surakarta, Minggu (11/2/2024).

“Persis seperti yang disampaikan teman-teman pagi tadi dari New York disampaikan kepada saya, 'kita melakukan Exit Poll sendiri, Mas, dan hasilnya luar biasa' dan hasilnya Belanda juga sama, Jerman juga sama," kata dia.

Baca juga: Isi Waktu Hari Kedua Masa Tenang ala Capres-Cawapres: Silaturahmi, Ziarah, Kerja, Olahraga, Umrah

Cerita dari pendukung-pendukungnya itu menjadi penyemangat bagi dirinya jelang hari pencoblosan.

"Mudah-mudahan itu menyemangati kita," ungkapnya. (*)

Hasil Exit Poll Pencoblosan Pilpres 2024 di Luar Negeri

Exit poll merupakan survei yang dilakukan segera setelah para pemilih meninggalkan tempat pemungutan suara (TPS). 

Berbeda dengan di Indonesia yang akan menyelenggarakan pencoblosan secara serentak pada 14 Februari mendatang, pencoblosan Pemilu 2024 untuk kaum diaspora digelar lebih awal di beberapa negara. 

Baca juga: KPU Segera Koordinasi dengan PPLN Jeddah Soal Surat Suara Sudah Tercoblos Lebih Dulu di Paslon 02

Hasil exit poll Pilpres 2024 di luar negeri viral di media sosial, Sabtu (10/2) lalu. Hasil exit poll yang beredar itu salah satunya juga dirilis www.pemilumelbourne.com. 

Di situs itu, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo-Mahfud MD (Ganjar-Mahfud) terlihat unggul sementara di beberapa negara. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat