androidvodic.com

Jelang Penetapan Hasil Pemilu 2024, Massa Masih Bertahan di Sekitar Kantor KPU RI - News

Laporan Wartawan News, Danang Triatmojo

News, JAKARTA - Massa demonstrasi masih bertahan di kawasan Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, tepat di samping Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Rabu (20/3/2024) malam. 

KPU sendiri baru saja merampungkan rekapitulasi penghitungan suara tingkat nasional Pemilu 2024.

Selanjutnya KPU menggelar rapat pleno untuk penetapan hasil Pemilu 2024.

Berdasarkan pantauan News di lokasi sekira pukul 19.40 WIB, meski tak terlalu banyak, tapi massa masih mendiami Jalan Imam Bonjol. Mereka sempat membakar ban hingga asap pekat membumbung ke udara. 

Arus lalu lintas di sekitar lokasi juga tersendat imbas massa yang juga berada di pinggir jalan. Terlebih dua ruas jalan yang melintasi KPU RI ditutup, dan kendaraan yang mengarah ke depan KPU dialihkan. 

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan agenda rapat selanjutnya ialah rapat pleno penetapan hasil pemilu 2024. Ia juga meminta agar para saksi nasional seluruh peserta pemilu hadir. 

"Kita jeda dulu, nanti kita buka lagi jam 20.00, mohon dengan sangat bapak ibu peserta pemilu karena nanti agendanya adalah penetapan hasil pemilu secara nasional," katanya saat menutup rapat rekapitulasi nasional di kantor KPU, Rabu (20/3/2024).

Diketahui, hari ini merupakan batas akhir KPU mengumumkan hasil pemilu 2024. KPU akan menuangkan hasil pemilu dalam berita acara dan  Keputusan KPU tentang penetapan hasil pemilu secara nasional.

Baca juga: Rekapitulasi Suara Nasional Rampung, KPU Lanjut Penetapan Hasil Pemilu

Dari hasil rekapitulasi di 38 provinsi, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul di 36 provinsi. Sedangkan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar unggul di 2 provinsi lainnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat