androidvodic.com

Ketua Komisi I DPR Puji Kinerja TNI-Polri-BIN Wujudkan Pemilu Aman dan Kondusif  - News

Laporan Reporter News, Reza Deni

News, JAKARTA - Ketua Komisi I DPR Meutya Hafid mengapresiasi dukungan dan kinerja dari pihak TNI-Polri serta Badan Intelijen Negara (BIN) dalam menyukseskan penyelenggaraan pemilu sampai dengan pengumuman penetapan hasil Pemilu 2024 yang berjalan aman dan kondusif.

"Sebagai mitra kerja di DPR RI, tentunya Komisi 1 DPR RI mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan kerja sama dari semua pihak terutama TNI, Polri dan BIN serta seluruh elemen masyarakat yang telah berkontribusi positif mulai dari pengamanan penyelenggaraan pemilu sampai dengan pengumuman penetapan hasil Pemilu 2024 yang berjalan aman dan kondusif serta tepat waktu," kata Meutya dalam keterangannya kepada wartawan usai memimpin rapat dengan Panglima TNI dan BIN serta seluruh jajaran KSAD, KSAL dan KSAU di Gedung DPR/MPR, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Ketua DPP Partai Golkar itu mengatakan keberhasilan penyelenggaraan Pemilu 2024 merupakan kerja bersama berbagai stakeholder, yang salah satunya melibatkan peran TNI-Polri serta BIN.

“Kesuksesan pemilu tidak bisa diklaim satu pihak, tapi saya bisa mengatakan bahwa kesuksesan pemilu tersebut salah satunya karena efektivitasnya pelaksanaan tugas keamanan yang diemban oleh TNI-Polri serta BIN," ujarnya.

Sementara itu, penetapan hasil Pemilu 2024 oleh KPU, harus disikapi dengan demokratis. Wakil Ketua Tim Kampanye Nasiional (TKN) Prabowo-Gibran itu juga mengatakan bahwa kalah dan menang merupakan hal yang wajar dalam politik, sehingga ia mengajak masyarakat untuk dapat beranjak atau "move on".

"Kalau nanti ada yang merasa tidak puas, atau ada yang merasa keberatan kan ada mekanisme lain, yakni Mahkamah Konstitusi," katanya.

Diberitakan sebelummya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) resmi menetapkan pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024.

Hal itu didasari oleh hasil rekapitulasi perolehan suara pada 128 wilayah kerja panitia pemilihn luar negeri (PPLN) dan 38 provinsi yang dilakukan KPU sejak Rabu (28/2/2024) hingga hari ini, Rabu (20/3/2024).

Prabowo - Gibran berhasil mengungguli kandidat lainnya dengan meraih 96.214.691 suara.

Kemudian pasangan nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan 40.971.906 suara.

Terakhir, pasangan nomor urut 03, Ganjar Pranowo - Mahfud MD hanya mampu mengoleksi 27.040.878 suara.

Baca juga: Resmi Menang Pilpres 2024, Gibran akan Temui Prabowo setelah Selesaikan Pekerjaannya di Solo

Dari total 38 provinsi, Prabowo - Gibran berhasil menang di 36 provinsi. Anies - Muhaimin unggul di dua provinsi. Sementara, Ganjar - Mahfud tak unggul di provinsi mana pun.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat