androidvodic.com

Sespri Iriana Resmi Daftar Calon Wali Kota Bogor Melalui Partai Gerindra - News

News, JAKARTA- Partai Gerindra menerima pendaftaran Sendi Fardiansyah sebagai bakal Calon Wali Kota Bogor di Pilkada 2024.

Sendi Ferdiansyah adalah Sekretaris pribadi (Sespri) Iriana Jokowi.

“Sudah ada satu yang mendaftar dan yang sudah mendaftar Kang Sendi. Kemudian bakal menyusul bakal calon yang lain yang juga mendaftar nanti kita akan berkomunikasi,” kata OKK DPC Partai Gerindra Kota Bogor Said Muhamad Mohan, saat ditemui Kompas.com, Kamis (18/4/2024).

Baca juga: Sendi Fardiansyah Akui Sembunyi-sembunyi Pasang Baliho di Jalan yang Dilalui Jokowi-Iriana, Kenapa?

Mohan mengatakan, pihaknya secara terbuka bakal menjaring nama-nama lain untuk mencari Calon Wali Kota Bogor yang nantinya akan diajukan ke DPP Gerindra.

Meski saat ini DPC Partai Gerindra memiliki satu nama dari internal partai maju di Pilwalkot Bogor 2024, Mohan masih membuka pendaftaran para bakal calon dari luar partai hingga 8 Mei 2024.

“Masih proses penjaringan, pendaftaran masih dibuka. Setelah itu akan mengundang para kandidat untuk kemudian akan diwawancara,”

Dari pihak internal partai, satu nama muncul yang akan maju ke Pilwalkot Bogor, yakni Jenal Mutaqin yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Kota Bogor.

Partai Gerindra Kota Bogor belum mempunyai tiket mengusung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota di Pilkada mendatang, mengingat pihaknya hanya memiliki enam kursi di DPRD.

Untuk itu, Partai Gerindra butuh koalisi dan dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan komunikasi politik bersama partai lain.

“Enam kursi tidak cukup untuk kita mendapatkan satu tiket. Maka kita harus melakukan komunikasi politik dengan beberapa partai politik baik dari Koalisi Indonesia Maju maupun di luar itu,” terang Mohan.

Partai Golkar Usung Rusli Prihatevy

Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat resmi mengusung Ketua DPD Partai Golkar Kota Bogor M Rusli Prihatevy sebagai bakal calon wali kota Bogor untuk Pilkada 2024.

Baca juga: Setelah Izin ke Iriana, Sendi Fardiansyah Temui Jokowi, Kantongi Dukungan Maju Calon Wali Kota Bogor

Hal ini dibenarkan Rusli, yang menyatakan hanya ia satu-satunya nama yang diusung partai beringin itu untuk Pilwalkot Bogor 2024.

“Secara perjalanan memang betul. Ketua DPD Provinsi Jawa Barat sudah mendeklarasikan dan menyampaikan bahwa hanya satu nama, nama saya sendiri tidak ada nama yang lain,” ucap Rusli saat ditemui Kompas.com, Rabu (17/4/2024).

Rusli dipilih karena di bawah kepemimpinannya, Partai Golkar Kota Bogor mengalami peningkatan suara dan perolehan kursi yang signifikan pada Pemilu 2024.

Pada Pemilu 2019, Partai Golkar hanya mendapatkan lima kursi DPRD Kota Bogor, sementara pada Pemilu 2024 mendapatkan delapan kursi. Namun, meski mengalami kenaikan jumlah pemilih dalam Pemilu 2024, Partai Golkar di Kota Bogor belum memenuhi persyaratan untuk sendirian mencalonkan salah satu kadernya pada Pilwalkot Bogor 2024.

Baca juga: Sendi Fardiansyah Ceritakan Respons Iriana saat Dirinya Berniat Maju Jadi Calon Wali Kota Bogor 

Dengan begitu, Partai Golkar Kota Bogor perlu melakukan pendekatan dan komunikasi politik dengan partai-partai lain untuk berkoalisi agar dapat mencalonkan diri secara utuh pada saat pencalonan Wali Kota.

“Keberhasilan prestasi ini juga belum memenuhi syarat untuk Pilkada itu kan 20 persen, sehingga kita perlu ada partner untuk berkoalisi. Mudah-mudahan bisa berkoalisi dengan teman-teman yang hari ini ada di parlemen,” ujar dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat