androidvodic.com

Sudirman Said Dikabarkan akan Maju Pilkada DKI Jakarta Lewat Jalur Perseorangan - News

Laporan Wartawan Warta Kota Yolanda Putri Dewanti

News,  JAKARTA - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said berencana maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta 2024 mendatang melalui jalur independen atau perseorangan.

Sudirman Said merupakan mantan Co Captain Timnas Anies-Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (AMIN) di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Kepala Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU DKI Jakarta Dody Wijaya mengatakan, pria kelahiran Brebes Jawa Tengah itu melalui timnya telah melakukan konsultasi terkait pemenuhan syarat Cagub DKI jalur independen pada Kamis (9/5/2024) sore.

"Kemarin sore kami menerima dari tim Bapak Sudirman Said yang akan daftar jadi bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur dari jalur perseorangan," jelas Dody saat ditemui di kantor KPU DKI Jakarta pada Jumat (10/5/2024).

Baca juga: Dulu Sebut Bakal Tetap Solid, Kini Sudirman Said Nyatakan Koalisi Perubahan Sudah Renggang

Sudirman dan timnya sudah meminta akses Sistem Informasi Pencalonan (SILON) untuk Pilkada DKI kepada KPU. 

Sudirman harus memenuhi segala persyaratan dan melengkapi dokumen yang dibutuhkan lewat SILON.

"Kami menunggu sampai dengan batas akhir, yaitu hari minggu 12 Mei pukul 23.59 WIB," jelas Dody.

Selain Sudirman Said, sudah ada tiga orang yang berencana maju dalam Pilkada DKI lewat jalur independen, yakni Dharma Pongrekun dan Noer Fajrieansyah. 

"Kami berharap para bakal pasangan calon yang sudah berkonsultasi atau sudah meminta akses SILON untuk segera bisa segera melengkapi.

Ataupun bakal pasangan calon yang lain, yang berminat jadi cagub dan wagub provinsi DKI Jakarta, bisa sesegera mungkin melengkapi berkas dukungannya," jelas dia.

Didukung Relawan Anies 

Sebelumnya, Relawan Konfederasi Nasional Relawan Anies (KoReAn), salah satu relawan Anies Baswedan pada Pilpres 2024 mendeklarasikan dukungan kepada Sudirman Said untuk maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

KoReAn memilih mendeklarasikan dukungan untuk Sudirman Said setelah Anies Baswedan hingga saat ini belum menentukan langkah politik ke depan setelah kalah di Pilpres 2024.

Sehingga hingga saat ini Anies belum tentu mau maju kembali di Pilkada DKI Jakarta.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat