androidvodic.com

PAN Pastikan Dukung Khofifah dan Emil Dardak di Pilgub Jatim 2024 - News

News, JAKARTA  - Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Viva Yoga Mauladi memastikan pihaknya mendukung Khofifah Indarparawansa dan Emil Dardak maju kembali di Pilgub Jawa Timur 2024.

Viva awalnya membangah ada pihak partai yang menolak Khofifah berpasangan dengan Emil.

"Isu itu tidak benar. Bu Khofifah dan Mas Emil sangat senang bisa berpasangan kembali di Pilkada Jatim 2024," kata Viva kepada Tribunnews, Senin (20/5/2024).

Viva menyebut karena itulah, PAN pasti mendukung keduanya maju lagi pada akhir tahun ini.

"Bu Khofifah sudah kami dukung beberapa tahun lalu, malah secara resmi surat keputusan sudah diberikan dari DPP PAN," pungkasnya.

Mantan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa membantah bahwa ada penolakan dari PAN bila dirinya menggandeng Emil Dardak sebagai Bakal Cawagubnya di Pilgub Jatim November mendatang. 

Menurutnya Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyerahkan penuh soal Bakal Cawagub kepada dirinya.

"Oh nggak pak Zulhas clear kok. Wakil terserah bu Khofifah gitu. Clear, clear insyaallah nggak ada masalah," kata Khofifah usai mendapat surat dukungan Golkar pada Pilgub Jatim di Jalan Widya Chandra 3, Jakarta, Jumat malam, (17/5/2024).

Khofifah sendiri belum menjawab saat ditanya kapan akan bertemu dengan Zulhas membahas soal dirinya yang akan berpasangan dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim. Hanya saja bila pertemuan digelar maka dirinya akan membawa Emil Dardak.

"Ya kalau dalam bentuk formalnya kan harusnya paket ya," katanya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto bersama Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menunjukkan surat keputusan usai pertemuan di Kediaman Airlangga Hartanto, Jakarta, Jumat (17/5/2024). Partai Golkar resmi memberikan surat keputusan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2014 mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartanto bersama Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak menunjukkan surat keputusan usai pertemuan di Kediaman Airlangga Hartanto, Jakarta, Jumat (17/5/2024). Partai Golkar resmi memberikan surat keputusan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk maju sebagai Bakal Calon Gubernur dan Bakal Calon Wakil Gubernur Jawa Timur pada Pilkada 2014 mendatang. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN)

Sebelumnya Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto mengatakan bahwa nantinya pasangan Khofifah-Emil akan diusung oleh koalisi Indonesia maju. Yakni partai Golkar, PAN, Gerindra, dan Demokrat.

Koalisi keempat parpol tersebut memiliki suara di Jawa Timur sebesar 52 persen. Dengan begitu, Khofifah-Emil sudah bisa melaju sebagai pasangan petahana. 

"Kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia maju yang seluruhnya punya calon yang sama. Jadi kalau kita lihat di Jawa Timur koalisi Indonesia maju ini punya 52 persen. Jadi cukup, tapi kalau yang lain mau ikut boleh," ungkapnya.

Airlangga menjelaskan alasan partainya kembali akan mengusung Khofifah-Emil. Pasangan tersebut kata Airlangga sudah berhasil membangun Jawa Timur selama 5 tahun terakhir.

"Kita tidak ingin pasangan yang sangat bekerja sama baik memajukan Jawa Timur menurunkan kemiskinan ekstrim penanganan khusus yang baik jadi proven leadership untuk di Jawa Timur akan terus," pungkasnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat