androidvodic.com

Tiga Sosok Berpotensi Maju Pilgub Sulteng, Ada Calon Petahana hingga Elite NasDem - News

Laporan Wartawan News, Chaerul Umam

News, JAKARTA - Direktur Eksekutif Skala Data Indonesia Arif Nurul Imam mengungkapkan, tiga nama berpotensi bersaing pada pemilihan gubernur (pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dia menyebut ketiga nama itu yakni Rusdy Mastura yang merupakan cagub petahana, kemudian Ahmad Ali yang merupakan Wakil Ketua Umum Partai NasDem, dan Anwar Hafid anggota DPR RI Fraksi Demokrat.

"Rusdy Mastura unggul dengan 15,1 persen disusul Ahmad Ali sebesar 11 persen, Anwar Hafid 9,4 persen dan tokoh lainnya di bawah 5 persen," katanya dalam keterangan Sabtu (25/5/2024).

Hal itu disampaikan Arif, sebagaimana hasil survei Lembaga Skala Data Indonesia, terkait dinamika Pemilihan Gubernur di Provinsi Sulawesi Tengah, periode 1-10 Mei 2024, dengan metode wawancara tatap muka langsung, jumlah responden sebanyak 800 responden dengan margin off error kurang lebih 3,46 persen. 

Survei juga menemukan tingkat kepuasan publil terhadap Pemerintah Rusdy Mastura sebagai calon petahana masih lumayan bagus diangka 52,2 persen. 

Sementara isu yang menjadi perhatian masyarakat adalah kemiskinan, pengangguran, KKN, harga kebutuhan pokok dan infrastruktur.

“Survei ini juga menyoroti soal pengaruh politik uang di mana sebanyak 22 persen akan terpengaruh money politik dan sebesar 44 persen menyatakan tidak terpengaruh,” ucapnya.

Kendati demikian, menurut Arif, Pilgub Sulteng masih dinamis meski terdapat nama sosok tokoh-tokoh kuat yang masuk dalam bursa Pilgub. 

Nama Rusdy Mastura, Ahmad M Ali, dan Anwar Hafid merupakan tokoh yang memiliki elektabiltas lumayan bagus.

Arif menambahkan, petahana Rusdy Mastura, sejatinya memiliki modal politik yang cukup besar lantaran merupakan petahana selain memiliki tingkat kepercayaan Masyarakat yang lumayan tinggi. 

Baca juga: Adu Sepak Terjang Ahok dan Bobby, Disebut Dua Sosok Potensial Bersaing di Pilgub Sumut 2024

Sementara Ahmad Ali memiliki basis besar di Morowali dan sekitarnya.

“Karena itu, petahana Rusdy Mastura jika maju Kembali memiliki modal besar untuk memenangkan dalam pilgub nanti, dan bersaing dengan Ahmad Ali,” pungkasnya.

Sebelumnya, Partai NasDem telah memantapkan untuk mengusung Wakil Ketua Umum Partai NasDem Ahmad Ali maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Tengah (Sulteng) 2024.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat