androidvodic.com

Anies dan RK Diprediksi Bertarung di Pilgub Jakarta, Pengamat: Jika Terealisasi, Serasa Pilpres 2024 - News

News - Anies Baswedan dan Ridwan Kamil diprediksi akan bertarung di Pilkada Jakarta 2024.

Diketahui, Anies menjadi sosok yang pertama kali diusung oleh partai yaitu PKB untuk menjadi cagub lewat deklarasi pada Rabu (12/6/2024) lalu.

Sementara, Ridwan Kamil pun sudah direkomendasikan oleh Partai Gerindra dan PAN untuk maju di Pilkada Jakarta meski Golkar selaku partai yang menaungi mantan Gubernur Jabar tersebut belum memberikan pengumuman resmi.

Terkait hal ini, pengamat politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lili Romli menilai jika Anies dan Ridwan Kamil benar-benar bertarung di Pilkada Jakarta, maka kontestasi bakal serasa seperti Pilpres 2024.

Mulanya, Lili mengatakan bahwa Anies dan Ridwan Kamil adalah dua tokoh bangsa terbaik yang akan membuat warga Jakarta senang karena bisa dipimpin oleh salah satu dari mereka.

"Baik Anies Baswedan maupun Ridwan Kamil kan sama-sama mantan gubernur yang memiliki prestasi di dua provinsi berbeda di Jakarta dan Jawa Barat."

"Sehingga dua sosok ini memiliki kompetensi yang cukup baik. Oleh karena itu, pasti warga Jakarta akan mengalami dilema, siapa yang terbaik di antara mereka," katanya dalam program Rumah Pemilu di YouTube Kompas TV, Jumat (14/6/2024).

Lalu, Lili juga menilai Anies dan Ridwan Kamil menjadi dua sosok kandidat yang pantas memimpin Jakarta karena memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan hasil survei dari beberapa lembaga.

Namun, sambungnya, faktor lain yang juga menentukan keterpilihan antara Anies dan Ridwan Kamil adalah sentimen dari warga Jakarta terhadap mereka.

Baca juga: Wacana Duet Anies dan Kaesang di Jakarta Mencuat, PDIP: Tak Usah Mengulangi Tragedi Pilpres

Jika sentimen positif lebih banyak kepada Anies, maka dirinya akan menang di Pilkada Jakarta dan begitu pula sebaliknya.

Di sisi lain, Lili menilai jika pertarungan Anies dan Ridwan Kamil benar-benar terwujud, maka tensi persaingannya bakal seperti di Pilpres 2024 dengan syarat PDIP turut mengusung Anies.

"Kalau PDIP jadi mendukung Anies, ini ronde kedua dari Pilpres 2024 kemarin. Sehingga memang Koalisi Indonesia Maju, full mendukung Ridwan Kamil dan kubu 01 dan 03 mendukung Anies Baswedan," ujarnya.

Elektabilitas Anies vs Ridwan Kamil, Siapa Unggul?

Berdasarkan hasil survei dari tiga lembaga, elektabilitas Anies dan Ridwan Kamil sangat bersaing.

Menurut survei dari Arus Survei Indonesia (ASI), Ridwan Kamil unggul ketimbang Anies ketika dirinya memiliki elektabilitas sebesar 30,5 persen.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat