androidvodic.com

Golkar Dinilai Berpotensi Tak Restui Ridwan Kamil Maju di Pilgub Jakarta, KIM Bakal Usung Kaesang? - News

Laporan wartawan Tribunnews, Ibriza Fasti Ifhami

News, JAKARTA - Pengamat politik Adi Prayitno menilai, Koalisi Indonesia Maju (KIM) berpotensi mencari figur lain jika Ridwan Kamil tak jadi maju di Pilgub DKI Jakarta 2024.

Adi mengatakan, ada kecenderungan Golkar lebih condong untuk mengusung kadernya, Ridwan Kamil (RK) di Jawa Barat. Hal itu menurutnya lantaran elektabilitas RK yang masing tinggi di wilayah tersebut.

Baca juga: Demokrat Sebut Wajar PKS Isi Posisi Cawagub untuk Ridwan Kamil, Upaya untuk Jegal Anies?

"Ya sepertinya memang KIM akan mencari opsi-opsi alternatif untuk menggantikan RK yang misalnya tidak maju di Jakarta ya," kata Adi, saat dihubungi News, pada Rabu (19/6/2024).

Kata Adi, KIM tentu memiliki banyak stok figur lain untuk dicalonkan. Tentu dengan mempertimbangkan tingginya elektabilitas Anies Baswedan, yang berkemungkinan mencalonkan diri kembali di Jakarta.

Baca juga: Ridwan Kamil Didorong Berikan Efek Ekor Jas yang Menguntungkan Calon Kepala Daerah Golkar di Jabar

"Bisa dari PAN, bisa dari Gerinda, dan dari partai Demokrat. Tinggal dicari siapa kira-kira sosoknya yang relatif bisa kompatibel dan sepadan dengan Anies Baswedan," ucapnya.

Namun demikian, Adi juga menyorori sorotan publik terhadap sosok Kaesang Pangarep, yang merupakan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sekaligus putra Presiden Jokowi. Basis pendukungnya tentu tak bisa dianggap remeh.

"Tapi kan publik mengira-ngira Kaesang sosok yang pantas sebenarnya untuk menantang Anis, mengingat Kaesang ini ketua umum PSI dan anak presiden yang katanya faktor magnet dari Jokowi itu kan kuat," jelasnya.

Lebih lanjut, Adi mengatakan, bekal yang dimiliki Kaesang tersebut tentu akan diuji ketika dia benar-benar diusung di Jakarta dan berkompetisi dengan Anies Baswedan yang merupakan petahana.

Baca juga: Elektabilitas Anies Masih Kuat di Jakarta, Pengamat Sarankan Ridwan Kamil Maju Pilkada Jawa Barat

"Tinggal diuji kalau Kaesang yang maju dalam Pilgub Jakarta diusung oleh mesin-mesin partai politik pendukung Prabowo Gibran, didukung oleh empat partai politik yang solid, apakah Kaesang akan mampu mengalahkan Anis ataupun tidak. Tinggal diuji nanti di lapangan seperti apa," tutur Adi.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat