androidvodic.com

Gubernur DKI Anies: Klaster Keluarga Nyaris Capai 50 Persen dari Total Kasus Covid-19 di Ibu Kota - News

News, JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menuding terus meningkatnya kasus positif Covid-19 disebabkan anak muda yang tidak taat protokol kesehatan.

Dasarnya, mayoritas warga yang terpapar Covid-19 berada di rentang usia di bawah 30 tahun.

"Yang paling banyak (terpapar Covid-19) sampai 3 Februari penduduk usia 19 sampai 30 tahun. Lalu makin tinggi usianya, semakin kecil jumlah kasus," ucapnya, Senin (8/2/2021).

Baca juga: Terpapar Covid-19, Wakil Wali Kota Depok Berhasil Lalui Masa Kritis, Sempat Pasang Ventilator

Anies menyebut, para anak muda yang membawa virus ke rumah sehingga sampai saat ini klaster penularan Covid-19 terbesar ada di lingkungan keluarga.

Bahkan, jumlah klaster keluarga nyaris mencapai 50 persen dari total kasus Covid-19 di ibu kota.

"Klaster terbesar adalah klaster keluarga, sampai 41 persen," ujarnya dalam diskusi Jaringan Media Siber Indonesia yang digelar virtual siang tadi.

Hal ini pun berdampak buruk bagi kelompok lanjut usia, dimana mayoritas kasus kematian karena Covid-19 terjadi pada warga berumur 60 tahun ke atas.

"Anak muda paling enggak kuat di rumah, yang muda interaksi di luar bawa Covid. Kemudian, tularkan ke yang tua, yang paling menderita yang tua," kata dia.

"Yang tua terpapar harus ke ICU, yang mudah isolasi mandiri saja," tambahnya menjelaskan.

Baca juga: Komplotan Pembuat dan Pengedar Dolar AS Palsu di Tangsel Ditangkap, Polisi Sita 1526 Lembar Dolar AS

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini kembali mengingatkan masyarakat, khususnya kaum muda untuk tetap berada di rumah dan mengurangi interaksi langsung.

Selain itu, Anies juga meminta mereka disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Jadi, minimalkan bepergian, kecuali mendesak. Kalaupun pergi, pastikan cuci tangan, jangan salam, jangan peluk orang tua," tuturnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Anies Baswedan Sebut Anak Muda Rentan Tularkan Covid-19 ke Orang Tua, 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat