androidvodic.com

Sempat Viral Karena Antrean Mengular, Vaksinasi Lansia RSUD Kembangan Dipantau Komisi IX DPR - News

Laporan Wartawan News, Vincentius Jyestha 

News, JAKARTA - Vaksinasi Covid-19 untuk lansia di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, pada hari pertama sempat viral karena antrean yang mengular. 

Hal itu membuat Komisi IX DPR RI langsung memantau jalannya vaksinasi di hari selanjutnya.

Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris mengatakan manajemen pengelolaan antrean RSUD Kembangan sudah membaik. 

Baca juga: Wagub DKI Komentari Antrean Vaksin Covid-19 Lansia di Tanah Abang 

"Dibanding hari pertama yang sempat viral, sekarang manajemen pengelolaannya sudah jauh lebih baik,” ujar Charles, di RSUD Kembangan, Jakarta Barat, Selasa (23/2/2021). 

Berdasarkan pantauan Charles, setidaknya warga lansia yang datang untuk melakukan proses vaksinasi membutuhkan waktu satu jam lamanya. 

"Dari masuk sampai keluar (RSUD) kurang lebih 1 jam. Tiga puluh menit untuk observasi dan 30 menit lagi untuk proses sampai divaksin," kata dia. 

Baca juga: Vaksinasi Lansia Akan Dimulai, Prioritas di DKI dan Ibukota 34 Provinsi, Begini Cara Daftarnya

Menurutnya, durasi atau waktu proses vaksinasi tersebut cukup baik. Namun Charles mengharapkan adanya peningkatan efektivitas sehingga tidak terjadi kerumunan. 

Seusai memantau RSUD Kembangan, politikus PDI Perjuangan kemudian mengunjungi RSUD Tamansari yang juga berlokasi di Jakarta Barat.

Di fasilitas kesehatan pemerintah tersebut, Charles juga mendapati proses vaksinasi berjalan tertib, tanpa ada kerumunan.

"Saya juga senang sekali masyarakat di sini antusias untuk divaksin, dan beberapa yang saya temui mengatakan memang tidak ada efek samping yang dirasakan," ujarnya.

Baca juga: Link Form Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 Lansia, Berpusat di 34 Ibu Kota Provinsi

Karena itu, Charles meminta warga lansia yang sudah divaksin untuk menyampaikan kepada warga lainnya bahwa vaksinasi Covid-19 oleh pemerintah aman dan juga halal.

"Karena dari hasil survei beberapa lembaga juga menunjukkan tidak sedikit masyarakat yang enggan divaksin. Jadi mari kita sama-sama memberikan testimoni kepada tetangga kita dan masyarakat luas bahwa vaksinasi aman dan halal," jelasnya.

Di sisi lain, Charles mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para tenaga kesehatan, khususnya di bawah Suku Dinas Kesehatan Jakarta Barat, dan sejumlah pihak yang sudah bekerja keras mulai dari saat pandemi merebak sampai proses vaksinasi Covid-19 sekarang ini.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat