androidvodic.com

Warga Kebon Bayam Rela Tinggalkan Bedeng di Belakang JIS, Asalkan Dapat Kompensasi - News

Laporan wartawan News, Lusius Genik

News, JAKARTA - Warga Kebon Bayam akan meninggalkan bedeng-bedeng yang kini berdiri di jalur kereta api di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara, asal mendapatkan kompensasi. 

26 Kepala Keluarga (KK) warga Kebon Bayam mendirikan rumah bedeng di sepanjang jalur kereta api yang berada di belakang Jakarta International Stadium (JIS) sejak September 2021, sebagai aksi protes. 

Pemukiman warga Kebon Bayam dibongkar PT Jakarta Propertindo (Jakpro) 23 November 2021 silam demi membangun markas klub sepakbola Persija Jakarta.

Mereka yang kini membangun bedeng mengaku belum mendapatkan kompensasi atas pembongkaran rumah tinggal yang nantinya dijadikan stadion berkapasitas 82 ribu penonton tersebut.

"Yang kita kejar ini, perjuangkan ini, belum juga diberikan oleh Jakpro. Sementara resume nominal (kompensasi) itu sudah dirilis Jakpro," ucap Suprianto (54), warga Kebun Bayam yang hidup di bedeng dekat rel kereta api kepada News, Senin (24/1/2022).

Kompensasi yang harus dibayar Jakpro karena telah membongkar rumah Suprianto sekira Rp36 juta.

Baca juga: Bertahan Hidup Dekat Megahnya JIS, Harapan Keluarga Eti yang Tinggal di Pinggir di Rel Kereta Api

Namun PT Jakpro enggan mengakomodasi permintaan itu lantaran menganggap Suprianto dan 25 KK lainnya yang kini membangun bedeng di samping rel hidup secara ilegal di Kebun Bayam. 

"Nominalnya bervariasi, kalau saya Rp36.700.000. Tapi Jakpro terakhir bilang tidak bisa mengakomodasi permintaan warga Kebon Bayem," tutur Suprianto.

"Yang 26 KK ini tidak dapat kompensasi, diklaim sebagai ilegal tinggal di sini," imbuh dia. 

Kendati demikian, bila Pemprov DKI Jakarta menawarkan opsi untuk relokasi ke rumah susun, Suprianto bakal menerimanya.

Penampakan rumah bedeng warga Kebon Bayam yang berjarak kurang dari satu meter dengan rel kereta api di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Total ada 26 KK yang membangun bedeng. Mereka tidak akan pindah sebelum mendapatkan kompensasi atas pembongkaran rumah tinggal demi pembangunan JIS, Senin (24/1/2022).
Penampakan rumah bedeng warga Kebon Bayam yang berjarak kurang dari satu meter dengan rel kereta api di kawasan Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Total ada 26 KK yang membangun bedeng. Mereka tidak akan pindah sebelum mendapatkan kompensasi atas pembongkaran rumah tinggal demi pembangunan JIS, Senin (24/1/2022). (News/Lusius Genik Ndau Lendong)

Dengan syarat relokasi ke rusun tidak dipungut biaya sepeserpun. 

"Tentu bersedia kapan lagi menerima itu. Tetapi jangan ada sekian persen-persennya gitu (harus gratis). Kita tidak bisa kalau harus itu (bayar), ada DP sekian persen. Boro-boro buat DP buat makan saja sulit mencarinya," tutur dia. 

Selama lebih dari lima bulan hidup di bedeng, rutinitas Suprianto dan keluarga hanyalah menjajakan kopi dan makanan. 

Tidak banyak memang penghasilan yang didapat, apalagi lapak dagangan Suprianto jauh dari pemukiman penduduk.

Baca juga: Gubernur Anies Undang Nidji ke JIS Usai Giring PSI Terperosok Lumpur di Lokasi Formula E

Namun, untuk sekadar memenuhi kebutuhan pokok, berdagang dirasa Suprianto masih cukup. 

"Rutinitas warga Kebon Bayam berdagang di area rel kereta demi menyambung hidup. Pendapatannya cukup untuk sekadar memenuhi kebutuhan pokok," pungkas dia.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat