androidvodic.com

Tinjau Langsung Ibadah Imlek di Vihara Dharma Bakti, Kapolres Jakbar: Aman dan Kondusif - News

News, JAKARTA - Pelaksanaan Ibadah Imlek 2573 di beberapa Vihara di Jakarta Barat termasuk Vihara Dharma Bakti yang berlokasi di kawasan Petak Sembilan, Glodok, berlangsung aman, meski masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Pol Ady Wibowo saat mengunjungi Vihara Dharma Bakti bersama Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Selasa (1/2/2022).

"Kami juga lakukan pengamanan dukungan dari semua pihak intinya pelaksanaan imlek sampai hari ini di wilayah Jakarta Barat berlangsung aman dan kondusif," kata Ady saat ditemui awak media di Vihara Dharma Bakti.

Lebih lanjut kata Ady, salah satu faktor yang membuat jalannya peribadatan ini aman, karena para jemaat yang hadir sudah taat pada penerapan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah maupun pengurus Vihara.

Suasana khidmat menyelimuti prosesi ibadah sembahyang Imlek 2573 di Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/2/2022). Warga yang merayakan Imlek tampak mengenai pakaian bernuansa merah. Mereka membakar dupa dalam prosesi sembahyang. Ratusan lampion juga menghiasi klenteng yang telah berdiri sejak 300 tahun lalu ini.
Suasana khidmat menyelimuti prosesi ibadah sembahyang Imlek 2573 di Klenteng Hok Lay Kiong, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (1/2/2022). Warga yang merayakan Imlek tampak mengenai pakaian bernuansa merah. Mereka membakar dupa dalam prosesi sembahyang. Ratusan lampion juga menghiasi klenteng yang telah berdiri sejak 300 tahun lalu ini. (News/Fahdi Fahlevi)

Adapun penerapan prokes yang dilakukan oleh para jemaat, berdasarkan pemantauannya yakni penggunaan masker hingga penerapan antrean menuju ruang ibadah.

Baca juga: Pantau Perayaan Imlek di Vihara Dharma Bakti, Erick Thohir Tekankan Pentingnya Menjaga Harmonisasi

"Alhamdulillah berjalan dengan baik penerapan prokes dilaksanakan dengan baik dilakukan antrian dan sebagainya," kata Ady.

Dirinya mengatakan, setidaknya ada enam Vihara yang berada di wilayah hukum Polres Jakarta Barat, dua di antaranya Vihara Dharma Bakti yang lokasinya berdekatan di kawasan Petak Sembilan.

"Dharma bakti disini ada 2 berdekatan kemudian di wil cengkareng kemudian tambora tanjung duren dan kebon jeruk," tukas Ady.

Tak hanya Kapolres Metro Jakarta Barat, pelaksanaan ibadah Imlek di Vihara Dharma Bakti ini juga turut dikunjungi oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Kedatangan Erick Thohir ini untuk meninjau langsung kegiatan ibadah para jemaat dalam rangka perayaan Tahun Baru Imlek.

Mengingat saat ini Covid-19 varian Omicron sedang mengalami peningkatan, Erick memastikan, dalam prosesi ibadah pada tahun ini, para jemaat termasuk pengurus di Vihara Dharma Bakti sudah menerapkan protokol kesehatan (prokes) secara baik.

“Saya tadi cek sangat bagus, protokol kesehatannya juga. Apalagi kan saat ini kita sedang dihadapkan pada omicron yang penularannya sangat luar biasa,” kata Erick kepada awak media saat ditemui di Vihara Dharma Bhakti, Selasa (1/2/2022).

Dengan begitu dirinya mengimbau kepada seluruh jemaat Tionghoa yang ingin melaksanakan ibadah Imlek di Vihara  manapun untuk sedianya menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Hal itu penting dilakukan kata dia untuk menekan penyebaran virus Covid-19 terutama varian Omicron.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat