androidvodic.com

Amankan Piala Dunia U-17 di Indonesia, Polri Kerahkan 13.251 Personel - News

Laporan Wartawan News, Abdi Ryanda Shakti

News, JAKARTA - Polri siap mengamankan gelaran Piala Dunia FIFA U-17 di Indonesia yang akan digelar mulai 10 November hingga 2 Desember 2023.

Dalam hal ini, sebanyak 13.251 personel akan dikerahkan untuk mengamankan jalannya ajang olahraga tersebut.

"Jumlah pengamanan melibatkan 13.251 personel terdiri atas 415 personel dari Mabes Polri dan 12.836 personel dari empat Polda," ujar Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam keterangannya, Selasa (7/11/2023).

Nantinya, kata Ramadhan, akan ada empat Polda yang melakukan pengamanan sesuai dengan lokasi digelarnya pertandingan yakni Polda Metro Jaya, Polda Jawa Barat, Polda Jawa Timur dan Polda Jawa Tengah.

Baca juga: Bakal Banyak Penonton Saksikan Piala Dunia U-17 di Stadion

"Gelar pasukan secara serentak di 4 polda tersebut pada tanggal 9 November 2023 namun dipusatkan untuk apel gelar pasukannya di Surabaya," terangnya.

Untuk informasi, Piala Dunia U-17 akan berlangsung di Indonesia pada 10 November sampai 2 Desember 2023.

Adapun empat stadion yang akan digunakan yakni Jakarta International Stadium (Jakarta), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo) dan Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya).

Garuda Muda yang tergabung dalam Grup A akan berlaga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur.

Timnas Indonesia U-17 akan memulai perjalanannya dengan Ekuador dalam laga perdana, Jumat (10/11/2023) pukul 19.00 WIB.

Total ada 24 negara yang akan berlaga di FIFA U-17 World Cup Indonesia 2023.

24 negara peserta, yakni Indonesia, Iran, Jepang, Korea Selatan, Uzbekistan yang mewakili Asia (AFC), Burkina Faso, Mali, Maroko, Senegal (Afrika/CAF), Kanada, Meksiko, Panama Amerika Serikat (Amerika Utara, Tengah, dan Karibia/CONCACAF), Argentina, Brazil, Ecuador, Venezuela (Amerika Selatan/CONMEBOL), Kaledonia Baru, Selandia Baru (Oceania/OFC), Inggris, Prancis, Jerman, Polandia, Spanyol (Eropa/UEFA).

Baca juga: Piala Dunia U17 Belum Mulai, Timnas Polandia akan Pulangkan 4 Pemain yang Konsumsi Alkohol

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyebut pihaknya akan melakukan pengamaman dengan standar FIFA.

Hal tersebut dikatakan saat menerima audiensi Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (19/9/2023).

"Terkait dengan penyelenggaraan kita sebagai tuan rumah FIFA dan tentunya kami Polri menyambut baik dan siap untuk melaksanakan kegiatan pengamanan," kata Sigit dalam konferensi pers.

Nantinya, Sigit mengatakan Polri akan mengamankan seluruh rangkaian ajang sepak bola dunia yang akan diikuti oleh 24 negara baik dari official hingga pemain.

"Tentunya bagaimana mulai dari pengamanan terhdap kontingen FIFA itu sendiri dan tim terus bagaimana pada saat didalam perjalanan kemudian pada saat latihan, kemudian juga terkait dengan stadion yang akan digunakan dilaksanakan asesmen di sesuaikan dengan standar FIFA," ucap Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu mengatakan pihaknya akan mengantisipasi segala kemungkinan-kemungkinan yang terjadi yang bisa mengganggu jalannya rangkaian kegiatan.

"Prinsipnya Polri mendukung pelaksanaan U-17 agar betul-betul bisa berjalan aman, lancar, sukses serta membawa nama bangsa Indonesia, membawa harum nama bangsa Indonesia," tuturnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat