androidvodic.com

Tangerang Selatan Berusia 15 Tahun, Ini Kata Sang Wali Kota soal Capaian Dunia Pendidikan - News

News, JAKARTA - Kota Tangerang Selatan (Tangsel) genap berusia 15 tahun pada 26 November 2023 ini.

Salah satu kota di Provinsi Banten ini baru dua kali terjadi pergantian wali kota, yakni Airin Rachmi Diany (dua periode) dan kini Benyamin Davnie (sejak 26 April 2021).

Sejumlah capaian diraih Kota Tangsel meski baru berusia 15 tahun, termasuk di dunia pendidikan.

Baca juga: Minta Ratusan Juta, Oknum Pegawai Bappenda Tangsel Ditangkap karena Menipu Bermodus Lowongan Kerja

Hal itu disampaikan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie dalam Rapat Paripurna di DPRD Kota Tangerang Selatan, Minggu (26/11/2023).

Ia mengatakan, dari sisi pembangunan manusia, terjadi kenaikan dari 81,60 menjadi 81,95. Dimana capaian tersebut didukung oleh meningkatnya angka rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, angka harapan hidup dan pendapatan per kapita per tahun.

"Dalam konteks pendidikan, indikator angka partisipasi sekolah usia 7-12 tahun tercatat pada angka 99.72 persen, sementara pada usia 13-15 tahun tercatat di angka 98,26 persen," ujar Benyamin, dalam keterangannya, hari ini.

Baca juga: Situs Web MUI Tangsel Diretas, Diduga Buntut Ajakan Masyarakat Patuhi Fatwa Boikot Produk Pro Israel

Menurutnya, pendidikan adalah isu strategis yang harus terus didorong agar capainnya menjadi 100 persen. Oleh karenanya penting dilakukan dalam kaitannya kolaborasi bersama Provinsi Banten agar capaian angka partisipasi sekolah untuk usia 15-18 tahun mencapai lebih dari 90 persen.

Untuk mendukung peningkatan dunia pendidikan, juga dilakukan sejumlah pembangunan prasarana sekolah sebanyak lima unit, yang terdiri dari tiga Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan dua unit Sekolah Dasar (SD). Meningkatkan kualitas prasarana sekolah sebanyak 103 unit yang terdiri dari 95 unit SD dan 8 unit SMP.

Lalu memberikan bantuan biaya pendidikan kepada 1.000 siswa Sekolah Dasar, 2.658 siswa Sekolah Menengah Pertama bagi orang tuanya yang tidak mampu. Belum lagi, bantuan diberikan kepada 3.120 siswa untuk dapat melanjutkan sekolah di SMP swasta.

"Memberikan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA) kepada 77.852 siswa Sekolah Dasar dan 24.584 siswa Sekolah Menengah Pertama," ucapnya.

Sementara, untuk pertumbuhan ekonomi di Tangsel juga mengalami peningkatan.

"Dalam konteks perekonomian dengan indikator laju pertumbuhan ekonomi tercatat terus meningkat dengan angka pada Triwulan II tahun 2023 sebesar 5,82 yang ditunjang dengan meningkatnya investor berdasarkan data investasi PMA dan PMDN yang meningkat dari 4,65 triliun menjadi 5,97 triliun pada Triwulan III tahun 2023," kata dia.

Bahkan dalam konteks ketenagakerjaan, indikator tingkat pengangguran terbuka tercatat pada angka 5,81 persen dan angka sebelumnya yakni 6,59 persen. Terhadap capaian ini tentunya akan terus ditingkatkan sehingga rasio penduduk yang bekerja dapat mencapai angka di atas 95 persen.

"Dalam perjalanan penataan dan pengembangan kota, tentunya tidak terlepas dari berbagai hambatan dan kendala. Namun, dengan dukungan dari seluruh pihak berbagai program pembangunan juga telah kami realisasikan," ujarnya.

Baca juga: Rumah Seorang Wartawan di Pamulang Tangsel Dibobol Maling, Cincin Nikah Hingga Laptop Dibawa Kabur

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat