androidvodic.com

Aksi Demo di Patung Kuda Jelang Putusan Sengketa Pilpres di MK, Polisi Tutup Sejumlah Ruas Jalan  - News

News, JAKARTA-  Sejumlah ruas jalan ditutup polisi dalam rangka demonstrasi yang dilakukan oleh massa di Patung Kuda, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2024).

Aksi unjuk rasa tersebut berkaitan dengan pembacaan hasil putusan sengketa Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini.

Imbasnya, pengalihan arus lalu lintas menyebabkan kemacetan di sejumlah jalan raya. Pantauan Kompas.com pukul 08.10 WIB, Jalan Ir H Juanda arah Majapahit ramai dan padat merayap.

Baca juga: AHY Berharap Semua Kembali Bersatu Usai Hakim MK Bacakan Putusan Sidang Sengketa Pilpres 2024

Lantaran, akses menuju Jalan Majapahit dari Jalan Hayam Wuruk ditutup. Begitu juga akses dari Jalan Ir H Juanda menuju Jalan Veteran III.

Kendaraan melaju perlahan, arus lalu lintas tersendat. Sesekali, terdengar pengendara menekan klakson dengan tidak sabar. Kemudian, arus lalu lintas di perempatan Harmoni juga cenderung semrawut.

Sebab, para pengendara ingin mendapat kesempatan untuk melaju terlebih dahulu. Sementara itu, kedua arus Jalan Medan Merdeka Barat juga ditutup. Polisi menutup akses kedua jalan itu menggunakan pembatas beton berukuran sekitar 160 cm.

Kendaraan yang tersisa di Jalan Medan Merdeka Barat arah Balai Kota masih diberikan akses untuk melaju melalui jalur Busway. Adapun, kendaraan dari arah Budi Kemulyaan dialihkan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan dan MH Thamrin.

ebagai informasi, sekelompok massa yang mengatasnamakan diri sebagai Koalisi Nasional Penyelamat Demokrasi (KNPD) akan menggelar aksi di Patung Kuda, Senin. Aksi ini bertepatan dengan pembacaan putusan Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi hari ini.

Anies Harap Putusan Hakim Bisa Selamatkan Demokrasi

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), tiba di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) jelang putusan Perkara Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2024.

Berdasarakna pantauan News di lokasi, pasangan AMIN tiba di Gedung MK sekira pukul 08.18 WIB.

Anies dan Cak Imin kompak mengenakan setelan kemeja putih dibalut jas berwarna hitam.

Kepada awak media, Anies tak ingin berspekulasi perihal hasil putusan sengketa Pilpres 2024.

Baca juga: Arahan Prabowo Terkait Putusan Perkara Sengketa Pilpres 2024: Apapun Putusan MK Harus Dihormati

Namun, dirinya berharap hakim dapat memberikan putusan yang bisa menyelamatkan demokrasi.

"Kita tidak mau berspekulasi, tapi kita berharap bahwa MK mengambil peran untuk menyelamatkan demokrasi kita, membuat mutu demokrasi kita terjaga," kata Anies di lokasi, Senin (22/4/2024).

Pada kesempatan itu, Anies juga memberi imbauan kepada seluruh pendukungnya agar tertib dan menghormati apa pun putusan MK.

"Kita dengarkan saja nanti putusan MK dan saya berharap kepada semuanya untuk tertib, untuk menaati semua peraturan. Bagi semua yang ikut hadir dan kita akan dengarkan bersama," tandas mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Untuk diketahui, jelang putusan PHPU Pilpres 2024, sejumlah pihak telah hadir di Gedung MK.

Baca juga: Jelang Putusan MK, Lalu Lintas di Medan Merdeka Barat Masih Normal

Di antaranya kuasa hukum paslon 02 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, kemudian paslon 03 Ganjar Pranowo - Mahfud MD, serta jajaran KPU dan Bawaslu RI. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat