androidvodic.com

Pengurus Koperasi yang Melek IT Masih Sedikit - News

Laporan Wartawan Tribunnews Adiatmaputra Fahjar 

News, JAKARTA - Dari data Kementerian Koperasi dan UKM dari total jumlah 151 ribu koperasi, baru sekitar 10 persen koperasi yang mengarah dan berbasis IT dalam mekanisme pelaporan ke publik.

Sementara pelaku UMKM yang berjumlah sekitar 59.2 juta mayoritas hampir 98 persen pelaku usaha mikro, baru 3,5 persen sampai 5 persen yang usahanya mengarah pada penerapan sistem berbasis IT.

"Ini menjadi tugas kita semua untuk lebih mendorong agar pelaku KUMKM di Indonesia menerapkan bisnis secara online," ujar Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharam, di Jakarta, Rabu (25/10/2017).

Agus pun mengingatkan kontribusi koperasi terhadap PDB nasional pada 2016 sudah mencapai 3,99 persen, dari sebelumnya yang hanya kisaran 1,71 persen.

Baca: Kemenkop UKM Awasi 12 Koperasi Bermasalah

Begitu juga dengan rasio kewirausahaan sudah bertengger di posisi 3,1 persen, dari tahun-tahun sebelumnya yang hanya 1,65 persen.

Agus menyebut jika ingin stabil secara makro ekonomi, maka rasio kewirausahaan harus berada di minimal 2 persen"Nah, hingga tahun 2019 mendatang, kita mentargetkan rasio kewirausahaan nasional berada di level 5 persen", kata Agus.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat