androidvodic.com

Makna Nomor Urut Tiga bagi PDI Perjuangan: Nuansa Kebatinan Wujudukan Indonesia Raya - News

News,JAKARTA- PDI Perjuangan bersyukur mendapatkan nomor urut tiga sebagai peserta Pemilu. Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan, dalam perspektif ideologi, angka tiga melambangkan tekad perjuangan bangsa.

 Sebagaimana dikatakan Bung Karno, lanjut Hasto, mewujudkan Indonesia yang berdaulat di bidang politik, berdiri di atas kaki sendiri (berdikari) di bidang ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.

"Trisakti ini juga sebagai tujuan dari Nawacita Presiden Jokowi. Jadi, angka tiga penuh dengan suasana kebatinan untuk cita-cita Indonesia Raya. Itulah yang dipesankan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri sebelum berangkat ke NTB dalam rangka menghadiri Rakerdasus Partai yang dilaksanakan hari ini," ungkap Hasto, Senin (19/2/2018).

Hasto Kristiyanto menegaskan, angka tiga mengingatkan pada sejarah perjuangan kepartaian demi tegaknya kedaulatan rakyat. Ibu Megawati, lanjut Hasto lagi, mengingatkan, angka tiga tidak hanya simbolisasi salam metal.

"Angka tiga membawa spirit perjuangan kepartaian yang bergerak ke bawah, berada di tengah rakyat. Pada saat bersamaan partai menyadari bahwa rakyatlah jiwa dan energi perjuangan kepartaian kita," tuturnya.

"Salam Metal, merah total, adalah salam yang digelorakan oleh anak- anak muda pada Pemilu tahun 1987 dimana para pemuda saat itu, bergerak mendukung PDI, sebagai gerakan melawan rejim yang otoriter, yang membungkam demokrasi dengan tangan besi," ungkap Hasto lagi.

Hal yang sama terjadi, sambung Hasto, ketika Jokowi dicalonkan sebagai Gubernur DKI, mendapat nomor urut tiga sebagai cerminan gerakan rakyat bawah.

Dengan angka tiga yang penuh dengan sejarah perjuangan bersama rakyat, imbuh Hasto, ia meminta kepada kader partaiya untuk terus melakukan konsolidasi. Memperbaiki hal yang kurang, dan terus bergotong royong turun kebawah bersama rakyat.

"Semangat kerakyatan itulah yang menjadi intisari angka tiga untuk terwujudnya Trisakti. Rakyat adalah cakrawati partai. Tempat irama, dan langkah perjuangan bermuara," pungkas Hasto.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat