androidvodic.com

Tahap Awal Pemberangkatan 918 Sepeda Motor - News

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan memberangkatkan ratusan motor dari Stasiun Gudang, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (27/5). Pemberangkatan itu bagian dari penyelenggaraan Angkutan Motor Gratis (Motis) dengan kereta api di mana instansi tersebut menyiapkan kuota sebanyak 18.096 unit sepeda motor dalam program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019.

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan, pihaknya memberangkatkan ratusan motor ke Pulau Jawa dengan tujuan Lintas Selatan 1. Pemberangkatan dilakukan secara bertahap sesuai jadwal yang telah ditentukan.

"Pemberangkatan kereta pertama program motor gratis dengan menggunakan kereta api untuk tahap pertama ada 918 sepeda motor diangkut ke Lintas Selatan 1 rute Jakarta-Cimahi-Bandung-Kutoarjo," ucap Zulfikri, Senin (27/5).

Zulfikri menambahkan jadwal keberangkatan Motis dengan kereta api dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni mendatang untuk arus mudik. Selama waktu yang telah ditentukan, setiap harinya akan ada tiga jadwal pemberangkatan sepeda motor.

Menurut Zulfikri kegiatan tersebut dilakukan semata-mata untuk menekan angka kecelakaan yang kerap terjadi selama arus mudik setiap kali Lebaran. Sehingga warga yang mudik hanya perlu menunggu sepeda motornya tiba di kampung halaman.

"Apa yang melatarbelakangi program ini, tujuan diadakannya program ini untuk membantu menekan angka kecelakaan dimana dari data yang ada, hampir 70 persen itu pasti melibatkan sepeda motor," ungkap Zulfikri.

Seorang warga, Tanto (35) mengaku senang dengan adanya program Motis tersebut. Ini adalah kali kedua pria yang hendak pulang ke Klaten, Jawa Tengah tersebut memanfaatkan layanan yang tidak memungut biaya sama sekali itu.

"Tentunya sangat membantu sekali yah, saya sama istri sama anak naik kereta, sampai di Klaten tinggal ambil motor deh. Ini sangat menolong banget," ungkapnya.

Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan menyiapkan kuota 18.096 unit untuk program Angkutan Motor Gratis (Motis) 2019 dengan kereta api. Jumlah kuota yang disiapkan sama dengan tahun lalu.

Layanan tambahan

Direktur Jenderal Perkeretaapian Zulfikri mengatakan pihaknya menyiapkan kuota 18.096 unit motor untuk diberangkatkan ke sejumlah daerah di Pulau Jawa selama arus mudik Lebaran 2019.

"Kalau kuota kita masih tetap sebenarnya. Tahun ini kita siapkan juga kuota 18.096 unit sama dengan tahun lalu. Kita harapkan tahun ini bisa mencapai 100 persen," kata Zulfikri, Senin (27/5).

Namun demikian antusias warga terkadang tidak sesuai dengan realisasi di lapangan. Pasalnya terkadang masyarakat yang telah mendaftar, justru membatalkan niatnya untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Berdasarkan hasil evaluasi kita pada tahun lalu memang pendaftar itu cukup banyak, hampir lebih 100 persen juga. Tapi yang realisasi, mungkin banyak yang cancel atau mengubah rencana mudiknya, jadi tahun lalu realisasi 85 persen dari kuota yang siapkan," katanya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat