androidvodic.com

Lantik 4 Pejabat Baru, Jaksa Agung: Tak Ada Kaitannya Dengan Peristiwa yang Belum Lama Ini Mencuat - News

News, JAKARTA - Jaksa Agung RI, ST Burhanuddin melantik dan mengambil sumpah jabatan empat pejabat baru di lingkungan Kejaksaan Agung, Rabu (12/8/2020).

Adapun pejabat baru yang dilantik di antaranya Sunarta sebagai Jaksa Agung Muda Intelijen; Fadil Zuhmana sebagai Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum; Amir Yanto sebagai Jaksa Agung Muda Pengawasan; dan Jan Samuel Maringkassebagai Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Perdata Tata Usaha Negara.

Pelantikan berlangsung di Aula Baharuddin Lopa Kejaksaan Agung RI, Rabu pagi.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dihadiri Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi, para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Pendidikan dan Latihan, para Staf Ahli Jaksa Agung RI serta Ketua Komisi Kejaksaan RI Barita Simanjutak.

Baca: Begini Reaksi Gerindra atas Penerbitan Aturan Pemeriksaan-Penahanan Jaksa Seizin Jaksa Agung

Dalam sambutannya, Jaksa Agung mengatakan bahwa mutasi, rotasi, dan alih tugas pejabat di lingkungan Kejaksaan merupakan hal biasa sebagai suatu kebutuhan organisasi untuk lebih meningkatkan optimalisasi kinerja.

“Pada kesempatan ini, saya ingin tegaskan bahwa prosesi yang kita lakukan saat ini sama sekali tidak memiliki kaitannya dengan peristiwa yang belum lama ini mencuat ke publik,” kata Jaksa Agung.

Kinerja para Jaksa Agung Muda menurutnya akan senantiasa dievaluasi, sebagai bentuk penyegaran organisasi.

Baca: KPK Sambut Baik Penghapusan Pedoman Jaksa Agung Nomor 7 Tahun 2020

Hal tersebut menurutnya sebagai upaya untuk memperkuat dan memperkokoh posisi, peran, dan fungsi kejaksaan, guna mengoptimalkan capaian target dan hasil, sehingga lebih dipercaya dan lebih mendapat tempat di hati masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut Jaksa Agung memberikan ucapkan selamat kepada para pejabat eselon I yang sudah dilantik.

“Saya yakin penempatan saudara-saudara pada jabatan-jabatan tersebut mampu mendukung, menguatkan, dan melengkapi dalam upaya membangun Kejaksaan sebagai lembaga penegak hukum yang dapat diandalkan dalam memberikan pelayanan hukum secara profesional, bersih, transparan, akuntabel, dan berwibawa,” katanya dikutip dari keterangan yang diterima.

Baca: Jaksa Agung Ingatkan Jaksa di Daerah: Tak Ada Lagi Ambil Kayu Sebatang Kalian Pidanakan!

Jaksa Agung pun dalam kesempatan tersebut menyampaikan beberapa arahan umum kepada jajarannya.

Pertama, ia mengingatkan jajarannya untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan tanamkan pola hidup sehat di lingkungan kerja.

Kedua, dukung dan sukseskan penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Hal tersebut menurut Jaksa Agung bisa dilakukan melalui upaya-upaya deteksi dini persoalan yang mungkin timbul dan berpotensi menggagalkan penyelenggaraan Pilkada.

Kemudian, dengan mengoptimalisasikan kapasitas dan kompetensi seluruh jajaran untuk melakukan penanganan Tindak Pidana Pemilihan secara profesional, tidak memihak, tidak diskriminatif, serta bebas dari muatan kepentingan tertentu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat