androidvodic.com

Hari Toleransi Internasional Diperingati 16 November, Simak 10 Kutipan Tokoh tentang Toleransi - News

News - Hari ini, tepat pada tanggal 16 November diperingati sebagai Hari Toleransi Internasional.

Hari Toleransi Internasional diperingati setiap satu tahun sekali.

Hari Toleransi diadakan mengingat meningkatnya ekstremisme kekerasan dan konflik yang semakin meluas di dunia.

Dikutip dari United Nations, Hari Toleransi Internasional diperingati untuk memperkuat toleransi dengan memupuk saling pengertian di antara budaya dan masyarakat.

Peringatan Hari Toleransi dideklarasikan pertama kali oleh The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Pada 16 November 1995, Negara Anggota UNESCO mengadopsi Deklarasi Prinsip Toleransi dan menandainya sebagai Tahun Toleransi PBB Bangsa dan ulang tahun ke-125 kelahiran Mahatma Gandhi.

Hari Toleransi Internasional
Hari Toleransi Internasional (neweuropa.net)

Kemudian pada 1996, Majelis Umum PBB mengundang negara-negara yang menjadi anggota PBB untuk memperingati Hari Toleransi Internasional pada 16 November.

Deklarasi Prinsip Toleransi tersebut menegaskan, toleransi menjadi penghormatan dan penghargaan terhadap keragaman budaya dunia yang kaya, bentuk ekspresi dan cara kita menjadi manusia.

Deklarasi tersebut menggolongkan toleransi tidak hanya sebagai kewajiban moral, tetapi juga sebagai persyaratan politik dan hukum bagi individu, kelompok, dan negara.

Toleransi mengakui hak asasi manusia universal dan kebebasan fundamental orang lain.

Maka inilah yang membuat negara harus menyusun undang-undang untuk memastikan kesetaraan perlakukan dan kesempatan bagi seluruh kelompok dan individu masyarakat.

Keberagaman agama, bahasa, budaya, dan etnis di dunia kita bukanlah dalih untuk konflik, maka kita perlu memberlakukan sikap toleransi kepada seluruh manusia.

Baca juga: Pesan Jokowi untuk PBB, Soal Vaksin hingga Dorongan Jaga Toleransi Kemajemukan

Baca juga: Kepala BNPT: FKPT Gorontalo Harus Jadi Pendorong Semangat Kerukunan dan Toleransi di Masyarakat

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 10 kutipan untuk memperingati Hari Toleransi Internasional dari berbagai tokoh di dunia:

1. "Untuk memiliki keyakinan di jalannya sendiri, dia tidak perlu membuktikan bahwa jalan orang lain salah."  - Paulo Coelho

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat