androidvodic.com

Caleg-Capres Minimal Lulusan Pendidikan Tinggi, Gerindra: Syarat Ijazah Itu Kuno Tak Relevan Lagi - News

News, JAKARTA - Draf Revisi Undang-Undang Pemilu mengatur syarat calon orang yang akan maju dalam pemilu.

Dalam Pasal 182 ayat (2) disebutkan calon anggota DPR hingga presiden minimal harus memiliki pendidikan tinggi atau sederajat. 

Terkait hal itu, anggota Komisi II DPR RI Fraksi Gerindra Elnino M Husein Mohi menegaskan persyaratan pendidikan formal tidak lagi relevan. 

"Sebetulnya dalam konteks sekarang dan kedepan, kita tidak lagi relevan pakai syarat pendidikan formal. Yang perlu itu adalah lulus IQ Test," ujar Elnino, ketika dihubungi News, Jumat (29/1/2021). 

Elnino menjelaskan dalam demokrasi, setiap orang yang mempunyai hak pilih maka yang bersangkutan pun mempunyai hak dipilih. 

Dia memahami bahwa memang persyaratan-persyaratan calon dibuat agar tidak semua pemilih nantinya menjadi calon. Pun demikian dengan persyaratan pendidikan formal dimaksudkan agar yang maju menjadi calon adalah orang yang cerdas. 

Hanya saja, kata Elnino, tingkat pendidikan formal seseorang tidaklah berbanding lurus dengan kecerdasan politik yang dimiliki oleh seorang pemimpin. 

"Persoalannya, dalam puluhan tahun terakhir dan juga akan berlangsung sampai puluhan tahun kedepan tingkat pendidikan formal seseorang tidak berbanding lurus dengan kecerdasan politik pemimpin," tegas Elnino. 

Anggota Badan Legislasi DPR RI itu mengatakan persyaratan pendidikan formal yang dicantumkan dalam draf RUU Pemilu justru terkesan kuno, karena masih menggunakan syarat ijazah sebagai pertimbangan memilih pemimpin. 

Baca juga: Draf RUU Pemilu Atur Caleg hingga Capres Minimal Lulusan Pendidikan Tinggi

"Perusahaan-perusahaan besar dunia tidak lagi mempertimbangkan tingkat ijazah dalam merekrut calon karyawannya karena mereka tahu persis bahwa ijazah bukan gambaran kecerdasan dan skill. Tapi kita malah masih pakai syarat-syarat ijazah. Ini sudah kuno," tandasnya. 

Sebelumnya diberitakan, Draf Revisi Undang-Undang Pemilu saat ini masih terus dibahas oleh Badan Legislasi DPR RI.

Salah satu yang diatur dalam draf itu adalah terkait syarat minimal pendidikan dari orang yang akan mencalonkan diri di pemilu. 

Amatan News pada Jumat (29/1/2021), dalam Pasal 182 ayat (2) draf RUU Pemilu disebutkan bahwa syarat pendidikan minimal bagi orang yang akan maju dalam pemilu adalah pendidikan tinggi atau sederajat. 

Syarat itu berlaku bagi calon anggota DPRD, Bupati dan Wakil Bupati/Walikota dan Wakil Walikota, Gubernur dan Wakil Gubernur, DPR, hingga Presiden dan Wakil Presiden

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat