androidvodic.com

KSAL Serahkan Bantuan Kepada Ahli Waris Saat Peringatan 40 Hari Gugurnya ABK KRI Nanggala-402 - News

News, JAKARTA - TNI Angkatan Laut (TNI AL) merealisasikan bantuan untuk keluarga ahli waris KRI Nanggala-402 yang diserahkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono saat peringatan hari ke-40 gugurnya anak buah kapal (ABK) KRI Nanggala-402.

Kegiatan tersebut digelar di Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya, Jawa Timur pada Kamis (3/6/2021).

Berbagai bantuan yang diserahkan berasal dari Kementerian PUPR berupa rumah type 45, Ketua Baznas berupa donasi dana, Kemendikbud-Ristek berupa beasiswa dan asuransi pendidikan, Kemhan berupa biaya pendidikan, Yayasan Nala dan Hang Tuah berupa pendidikan gratis, Universitas Malikussaleh berupa beasiswa, mitra pengusaha berupa donasi dana dan Karumkit RSAL dr Ramelan Surabaya berupa penerimaan sebagai tenaga medis.  

Dalam kesempatan ini Yudo menyampaikan rasa kehilangan yang mendalam terhadap 53 putra-putra terbaik.

Ia mengatakan TNI AL menjadikan peristiwa sebagai pembelajaran guna memperbaiki diri menuju masa depan yang lebih baik. 

Dalam kesempatan itu Yudo juga memberikan semangat kepada istri-istri ABK KRI Nanggala-402 sebagai wanita-wanita hebat yang memiliki ketegaran hati dan kekuatan jiwa dalam melanjutkan masa depan putra-putrinya. 

“Sejak 40 hari yang lalu, kalian semua telah menjadi anak-anak saya, baik selaku pribadi dan selaku KSAL. Meskipun kami tidak sepenuhnya bisa menggantikan peran ayah kalian, tapi percayalah bahwa kami akan berlaku sebaik-baiknya sebagai orang tua bagi kalian,” kata Yudo dalam keterangan resmi Dinas Penerangan Angkatan Laut pada Jumat (4/6/2021).

Yudo menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya juga disampaikan kepada semua patriot KRI Nanggala-402

Penghargaan yang diserahkan Yudo bukan hanya sekedar sebagai simbolisasi, namun memiliki dimensi yang lebih luas yakni untuk menghidupkan semangat kepahlawanan serta menjadikannya sebagai suri teladan dalam melanjutkan pengabdian menuju kejayaan Angkatan Laut.

Baca juga: TNI AL dan Kemendikbudristek Teken Kerja Sama Beasiswa Pendidikan 86 Anak Awak KRI Nanggala 402

Yudo juga menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat dari mulai proses pencarian, ditemukan, hingga proses evakuasi KRI Nanggala-402.

Ia juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah berempati maupun bersimpati kepada keluarga prajurit KRI Nanggala-402 dengan memberikan dorongan moril serta motivasi bagi keluarga yang ditinggalkan.

Kegiatan peringatan 40 hari musibah KRI Nanggala juga diisi dengan doa bersama yang dipimpin KH Habib Luthfi dalam rangka memanjatkan doa untuk para almarhum awak KRI Nanggala 402.

Kegiatan tersebut turut dihadiri pejabat utama Mabesal, Ketua Umum Jalasenastri Vero Yudo Margono, para Panglima Kotama TNI Angkatan Laut, Kapusbintal TNI, Kaskogartap III Surabaya, dan para tokoh agama.

Kegiatan tersebut ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan kepada para donatur.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat