androidvodic.com

Stafsus BPIP: Menghayati Pancasila dengan Tindakan dan Bermanfaat Bagi Sesama - News

Laporan Wartawan News, Fransiskus Adhiyuda

News, JAKARTA - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menyebut, hal yang paling nyata dalam menghayati dan melaksanakan Pancasila adalah menjadikan nilai-nilai luhur yang dimiliki menjadi nyata.

Tentunya, dengan cara menjadikan diri lebih berguna dan bermanfaat bagi manusia. 

Hal ini disampaikan Antonius Benny Susetyo usai menghadiri audiensi bersama Gubernur Yogjakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Ketua BPIP Profesor Yudian Wahyudi dalam rangka persiapan kegiatan Talkshow dan Vaksinasi massal Covid 19 dalam rangka menyambut Sumpah Pemuda 28 Oktober 2021 pada Senin (25/10/2021).

"Sejarah menunjukkan pemuda memiliki peran besar dalam menyongsong perubahan," kata Benny.

Peristiwa-peristiwa besar dalam lintasan sejarah bangsa Indonesia selalu melibatkan pemuda, yang membedakan pergerakan Sumpah Pemuda dengan usaha perjuangan yang lain adalah, Para tokoh Sumpah Pemuda melakukan pergerakan nyata dengan berdialog dan berusaha bersama menjadi satu yaitu Indonesia.

"Walau mereka semua dari latar belakang yang berbeda, gerak nyata inilah yang menginspirasi dan bermanfaat untuk membuat seluruh Rakyat Indonesia untuk bersatu," ujar Benny.

Benny juga menyampaikan bahwa di tengah mulai melandainya  pandemi Covid-19 di Indonesia Pemuda  menjadi harapan bangsa untuk  membawa Indonesia keluar dari  belenggu pandemi menuju Indonesia maju.

Baca juga: Sosialisasi Empat Pilar di UIN Syarif Hidayatullah, Bamsoet Tegaskan Pentingnya Pendidikan Pancasila

Maka, BPIP merasa perlu menyelenggarakan kegiatan talkshow dan vaksinasi gratis ini karena selain berupaya untuk turut serta memperkaya diskursus kepemudaan dalam rangka memperkuat peran pemuda dalam pemulihan nasional pasca pandemi, Vaksinasi merupakan senjata utama untuk menekan penularan Covid-19. 

Saat ini tingkat vaksinasi penuh di Indonesia (per 25 September 2021) baru mencapai 17,33 persen. 

Angka ini masih belum signifikan jika diukur dari target vaksinasi yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.

Karenanya BPIP menggandeng Polda Yogyakarta dan beberapa pemangku kepentingan lainnya untuk menyelenggarakan kegiatan Talkshow dan Vaksinasi dalam rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 2021 untuk merealisasikan gerak nyata Pancasila.

Baca juga: Mahfud MD: Sebagai Negara Pancasila, Indonesia Lahir Dituntun oleh 4 Kaidah 

Menurut Benny, Sri Sultan Hamengkubuwono X pada pokoknya menyetujui pelaksanaan kegiatan ini, karena selain memberikan manfaat langsung bagi masyarakat, giat yang sedianya dilaksanakan di Gedung Multi Purpose (MP) UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan menjangkau 1000 orang peserta.

"Tindak nyata dalam upaya pelaksanaan dan pembumian nilai-nilai Pancasila," tutup Benny.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat