androidvodic.com

Pendaftar Masih Minim, Pansel Ajak Masyarakat Segera Daftar Calon Anggota KPU dan Bawaslu - News

Laporan Reporter News, Rizki Sandi Saputra

News, JAKARTA - Wakil Ketua Panitia Seleksi (Pansel) anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Chandra Hamzah, mengajak masyarakat untuk segera melakukan pendaftaran menjadi bakal calon anggota KPU dan Bawaslu periode 2022-2027.

Menurut Chandra Hamzah sejak pendaftaran dibuka pada 18 Oktober 2021, hingga kini, jumlah pendaftar untuk bakal calon anggota KPU dan Bawaslu masih minim.

"Ya kita berharap begini, media massa, kemudian LSM juga tolong didorong untuk (masyarakat) yang baik-baik mendaftar lah," kata Chandra saat bincang khusus dengan News, di Gedung Capital Palace, Jakarta Selatan, Senin (1/11/2021).

Dalam wawancara eksklusif itu, hadir News Vice Director Tribun Network/Editor in Chief Warta Kota Domuara D. Ambarita, editor senior Tribun Network Cecep Burdansyah, Korlip Kompartemen Polhukam Tribun Network Dodi Esvandi.

Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah menjawab pertanyaan News Vide Director/Editor in Chief Warta Kota Domuara D. Ambarita, saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Senin (1/11/2021). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Wakil Ketua Panitia Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu periode 2022-2027, Chandra M Hamzah menjawab pertanyaan News Vide Director/Editor in Chief Warta Kota Domuara D. Ambarita, saat wawancara khusus dengan Tribun Network di Jakarta, Senin (1/11/2021). TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN ()

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) itu meyakinkan, kalau proses seleksi bakal calon anggota di dalam internal timnya akan dilakukan secara fair.

Dirinya pun menjamin hal itu.

Baca juga: Timsel Bekerja Sama dengan Polri Hingga PPATK Telusuri Rekam Jejak Calon Anggota KPU-Bawaslu

Hanya saja kata dia, ketika nantinya proses sudah masuk ke DPR atau penentuan lolos atau tidaknya anggota, itu bukan kendali dari tim pansel.

"Kalau proses di timsel ini akan berlangsung secara fair, saya akan fair untuk proses ini fair. Sementara kalau prosesnya sendiri di DPR itu kan beyond our control gitu, itu di luar kontrol kita, yang penting masukan dari pansel sudah yang terbaik," kata Chandra.

Adapun untuk bakal calon yang dibutuhkan untuk anggota KPU dan Bawaslu sendiri kata Chandra berjumlah 28 orang.

Baca juga: Wakil Ketua Pansel Sebut Hingga Kini Jumlah Pendaftar Calon Anggota KPU dan Bawaslu Masih Minim

Di mana nantinya, dari keseluruhan bakal calon anggota yang mendaftar itu akan menjalani seleksi kembali untuk ditetapkan menjadi anggota KPU dan Bawaslu.

"Masuk dulu kalau semuanya masuk Timsel artinya dapat 28 orang paling enggak, 14 untuk anggota KPU yang bagus-bagus, 10 untuk anggota Bawaslu, yang bagus-bagus kita sampaikan semua ke DPR siapa pun yang dipilih ya stoknya bagus, jangan sampe kita terpaksa meloloskan yang tidak bagus gitu," katanya. 

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat