androidvodic.com

4 Nama Berpeluang jadi Pangkostrad versi Pengamat, Ada Menantu Luhut hingga Eks Danjen Kopassus - News

News - Pengamat militer dari Institut for Security and Strategic Studies (ISESS), Khairul Fahmi, membeberkan empat nama yang dinilainya berpeluang menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Keempat nama tersebut adalah Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso, dan Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa.

"Di antaranya ada nama Maruli Simanjuntak, Agus Subiyanto, Teguh Pujo Rumekso, dan I Nyoman Cantiasa," ungkap Fahmi saat dihubungi Kompas.com, Jumat (14/1/2022).

Diketahui, empat nama yang disampaikan Fahmi tersebut saat ini menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam).

Menurut Fahmi, pengalaman Maruli, Agus, Teguh, dan Cantiasa sebagai Pangdam tersebut menjadi modal utama jika nantinya satu diantara mereka ditunjuk sebagai Pangkostrad.

(Searah jarum jam) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso.
(Searah jarum jam) Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Mayjen TNI Agus Subiyanto, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, dan Mayjen TNI Teguh Pujo Rumekso. (Dok. TNI AD)

Baca juga: Profil Mayjen TNI Agus Subiyanto, Disebut Berpeluang Jadi Pangkostrad, Kini Jabat Pangdam Siliwangi

Baca juga: Profil Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Menantu Luhut yang Disebut Berpeluang jadi Pangkostrad

Kendati demikian, ia menilai nama Maruli dan Agus tak masuk dalam daftar prioritas jika pengisian Pangkostrad mempertimbangkan aspek senioritas.

Pasalnya, Maruli dan Agus sama-sama merupakan lulusan Akademi Militer 1992.

Sementara, masih ada sejumlah senior di generasi Akmil 90-an yang layak, memiliki prestasi, dan kaya pengalaman, seperti Teguh dan Cantiasa.

"Maruli yang merupakan alumni Akmil 1992 tidak akan berada di prioritas pertama karena ada sejumlah senior di generasi Akmil 90-an yang juga layak, memiliki prestasi, dan kaya pengalaman," terangnya, dikutip dari Kompas.com.

Sebagai informasi, Maruli yang merupakan menantu Luhut Binsar Pandjaitan ini menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Lalu, Agus yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Danpaspampres, kini menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Kemudian, Teguh yang merupakan mantan Danpuspenerbad, saat ini menjabat sebagai Pangdam VI/Mulawarman.

Terakhir, Cantiasa yang pernah menjadi Danjen Kopassus, saat ini menjabat Pangdam XVIII/Kasuari

Diketahui, pengumuman pengisian jabatan Pangkostrad tinggal menunggu waktu.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat