androidvodic.com

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Selasa 22 Februari 2022: 28 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat - News

News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Selasa (22/2/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 28 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sedangkan, 4 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Senin 21 Februari 2022, BMKG: 10 Perairan Capai 2,5-4 Meter

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi Senin 21 Februari 2022, BMKG: 10 Perairan Capai 2,5-4 Meter

BMKG menginformasikan, terdapat Sirkulasi Siklonik terpantau di Samudra Hindia barat daya Banten dan di Laut Timor.

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang dari Samudra Hindia barat daya Banten, dari Laut Flores hingga perairan Kep. Sermata-Leti, dari perairan selatan NTB hingga perairan Kep. Selayar, dan dari Laut Sawu hingga P. Timor.

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Sulawesi bagian barat hingga Teluk Tomini, dari Samudra Pasifik utara Papua Barat hingga Papua Barat, dari Teluk Cendrawasih hingga Papua bagian utara, di Papua, dan dari perairan Kep. Kai hingga Laut Arafuru bagian tengah.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Selasa (22/2/2022) besok:

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Kep. Riau

- Bengkulu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat