androidvodic.com

Peringatan Dini Cuaca Ekstrem BMKG Senin, 7 Maret 2022: 27 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat - News

News - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan peringatan dini cuaca ekstrem di sejumlah wilayah Indonesia untuk Senin (7/3/2022) besok.

Terdapat beberapa daerah yang mendapatkan peringatan dini cuaca ekstrem dari BMKG.

Melalui laman resminya, BMKG memprediksi 27 wilayah berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir serta angin kencang.

Sedangkan, 4 wilayah diprediksi berpotensi hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Baca juga: BMKG: Angin Kencang di Jakarta Berasal dari Awan Cumulonimbus

Baca juga: Peringatan Dini Gelombang Tinggi BMKG Minggu, 6 Maret 2022: 5 Perairan Capai 2,5 - 4 Meter

BMKG menginformasikan, terdapat sirkulasi siklonik terpantau di perairan sebelah barat Aceh, di Laut Sulawesi bag utara, di perairan sebelah utara Papua, di Jawa Timur, dan di Laut Timor.

Kondisi inilah yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang memanjang di Aceh, di Laut Sulu, di pesisir selatan Jawa, dari Belitung hingga perairan sebelah selatan Kalimantan Barat, di Papua Barat, di perairan sebelah selatan NTB, di perairan sebelah utara Bali di dari NTT bag timur hingga Laut Timor serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di NTT dan di perairan sebelah utara Papua.

Daerah Konvergensi lainnya terpantau memanjang di Aceh, di Sumatera Utara, dari pesisir barat Bengkulu hingga Sumatera Selatan, di Kalimantan Barat, di Kalimantan Tengah, di Kalimantan Utara, di Laut Sulawesi, di Sulawesi Utara, di Sulawesi bag Tengah, di Maluku Utara dan di Papua serta daerah pertemuan angin (konfluensi) di Selat Karimata bag selatan.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan pertumbuhan awan hujan di sekitar sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi/konfluensi tersebut.

Berikut wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang pada Senin (7/3/2022) besok:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Riau

- Bengkulu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat