androidvodic.com

Indonesia CSR Excellence Award 2022, Berharap Muncul Perusahaan Hebat Dengan Program Unggulan - News

News, JAKARTAKementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengapresiasi acara Indonesia CSR Excellence Award (ICEA) 2022.

Acara tersebut dinilai sejalan dengan pelaksanaan kegiatan lingkungan hidup dan kehutanan, khususnya dalam pengendalian pencemaran dan kerusakan lingkungan.

Menteri KLHK yang diwakili Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sigit Relianto mengatakan, acara ICEA 2022 ini juga sejalan dengan program proper yang dilaksanakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada setiap tahunnya.

"KLHK juga turut serta mendukung pelaksanaan acara ICEA 2022 ini untuk saling menguatkan. Tentunya merupakan suatu kebanggaan bagi perusahaan-perusahaan yang telah berhasil membangun CSR nya yang berkelanjutan serta membangun masyarakat dengan kemandiriannya pada bidang Planet, People and Profit (3P)," kata Sigit Relianto dalam keterangan yang diterima, Kamis (10/3/2022).

Baca juga: Pupuk Kaltim Gandeng KLHK Untuk Pulihkan Lahan Bekas Tambang di Kalimantan

Ajang penghargaan kepada sejumlah perusahaan yang dinilai sangat baik dalam menjalankan program Corporate Social Responsibelity (CSR) digelar dengan nama 'Indonesia CSR Excellence Award 2022'.

Acara berlangsung di Puri Ratna Ballroom, Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Rabu (9/3/2022).

Ketua Penyelenggara, Maya, mengatakan, ajang ini merupakan kegiatan penilaian dan pemberian penghargaan atau award tahunan kepada perusahaan-perusahaan yang beroperasional di Indonesia dan dinilai telah menjalankan program Corporate Social Responsibelity (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) terbaik.

Baca juga: Gakkum KLHK Tindak Tambang Ilegal di Tahura Bukit Soeharto Kaltim Dekat Kawasan IKN

Penilaian CSR didasarkan pada keterkaitan CSR terhadap 3 hal yakni ISO 26000, SDG’s, dan praktik good corporate governance (GCG) dengan tujuan memetakan persoalan dan tantangan yang dihadapi melalui leadership yang tepat dan komunikasi organisasi dengan persepsi menyiapkan system terbaru untuk inovasi kontribusi social yang bermanfaat sebagai bentuk pengembangan jangka pendek dan jangka menengah.

Serta aspek edukasi yang nantinya dapat diterapkan pada aplikasi teknologi digital secara konsisten dan konsekwen yang dapat membantu membangun citra positif perusahaan sejalan dengan Presidency G20 dengan Tema “Recover Together, Recover Stronger”.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ICEA 2022 ini adalah CSR Program to Encourage Transformation Towards to Digital Society in the development of economic and environmental growth as well as a sustainable MSME sector in the pandemic era.

Artinya, diharapkan dengan program CSR ke depan dapat mendorong transformasi menuju masyarakat digital dalam pengembangan pertumbuhan ekonomi dan lingkungan serta sektor UMKM yang berkelanjutan di era pandemi.

"Kita juga mengharapkan munculnya perusahaan-perusahaan hebat di Indonesia, yang memiliki program unggulan yang inovatif dan berkelanjutan, dengan menerapkan prinsip-prinsip ISO 26000, SDGs,GCG,” kata Maya.

ICEA 2022 diikuti lebih dari 200 perusahaan BUMN, BUMD, Perusahaan Swasta Nasional, maupun multinasional.

Kemudian diseleksi menjadi 100 perusahaan finalis.

Setelah melewati proses penilaian termasuk penilaian melalui wawancara penjurian, dewan juri menetapkan 40 perusahaan penerima penghargaan ICEA 2022.

Dengan kegiatan ini, ada beberapa perusahaan yang meraih penghargaan terbaik di antaranya PT Bank Danamon Indonesia Tbk, PT Bank Mandiri Tbk, PT Taspen (Persero), PT Pos Indonesia (Persero), PT Pupuk Sriwidjaja Palembang, dan PT Food Station, serta puluhan perusahaan lain yang menerima penghargaan serupa.

"Perusahaan-perusahaan tersebut telah sukses membangun penilaian dalam rating CSR serta berhasil pula membangun CSR yang bermanfaat secara absolut bagi lingkungan perusahaan dan masyarakat," ujarnya.

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat